HALIMAH BINTI MASDARI

Kamis, 15 Maret 2018

PERAN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENCETAK GENERASI BERKARAKTER


PERAN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENCETAK GENERASI 
BERKARAKTER PADA ANAK SEJAK USIA DINI UNTUK 
MEWUJUDKAN INDONESIA BERKARAKTER 
DALAM MENCAPAI INDONESIA 
EMAS 2045 

Gambar 1. Pendidikan Karakter di Lingkunagn Keluarga (Seorang Ibu dan Seorang Ayah
Mengajar Mengaji Anak-Anaknya).

Pendidikan merupakan aset terpenting yang menentukan kemajuan suatu Negara, oleh karena itu setiap warga Negara wajib mengenyam pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Pendidikan dapat diperoleh dari pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Adapun jenjang pendidikan formal umunya dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan pendidikan Perguruan Tinggi yang meliputi Program Sarjana, Program Magister dan Program Doktor. Sedangkan pendidikan non formal diantaranya pendidikan keluarga, pendidikan organisasi, pendidikan di masyarakat, pendidikan melalui kursus, dan pendidikan melalui mengikuti pelatihan-pelatihan (training).
Pendidikan merupakan proses dalam mencetak generasi yang berakhlak mulia dan berkarakter atau berbudi pekerti luhur. Pendidikan karakter akan lebih baik jika ditanamkan keluarga pada diri anak sejak anak usia dini. Karena pada masa anak-anak itulah perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak mulai terbentuk. Masa kanak-kanak merupakan kesempatan emas untuk dimanfaatkan dalam memberikan pendidikan karakter yang baik bagi anak. Usia dini merupakan golden age dimana usia anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cepat. Usia dini adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan pendidikan karakter pada anak sejak dini. Dengan cara demikian, diharapkan anak memperoleh kesuksesan dan keberhasilan dimasa yang akan mendatang. Oleh karena itu, tumbuhkan pemahaman positif pada diri anak sejak dini. Hal itu dapat dilakukan dengan cara diantaranya, memberikan kepercayaan pada anak untuk mengambil keputusan  bagi dirinya sendiri, membantu anak mengarahkan potensinya dengan begitu mereka lebih mampu untuk bereksplorasi dengan sendirinya, tidak menekannya baik secara langsung atau secara halus, dan seterusnya. Biasakan anak bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
“Anak merupakan peniru terbaik (the great imitator)”.
Pernyataan di atas bukanlah sembarang pernyataan. Pernyataan ini lebih ditekankan pada sikap anak yang cenderung meniru segala sesuatu yang ada di sekitarya. Namun sayangnya anak pada usia dini tidak dapat memilih mana yang baik dan mana yang buruk, mereka hanya meniru terhadap apa yang dilihatnya. Untuk itu, perlu diberikan arahan, agar anak tidak terbawa pada perilaku yang negatif. Kondisi anak yang masih polos dan kemampuannya sebagai peniru ulung yang hebat sangat berpotensi jika anak dilatih untuk menirukan hal-hal positif serta menjauhi hal-hal yang negatif. Sejak usia dini, ajarkan pada anak pada rasa cinta pada lingkungan belajar. Salah satu contohnya adalah: belajar cinta tanah air seperti melatihnya dengan kata “aku bangga menjadi anak Indonesia”, “anak Indonesia menghargai perbedaan”, dan kata-kata positif lainnya. Sepintas kata tersebut terdengar ringan, namun kata tersebut mengandung makna yang mendalam terkait rasa cita tanah air seorang anak pada bangsanya. Dengan seorang anak sering mengucapkan kata tersebut, maka akan tertanam denagn sendirinya rasa cinta tanah air.  
Keluarga merupakan lingkungan pertama kalinya dimana anak mulai berinteraksi dan bersosialisasi. Keluarga memiliki peran penting dalam mendidik karakter anak, terutama mendidik anak dimulai sejak usia dini. 80% kepribadian anak terbentuk dari didikan keluarga, sedangkan 20% kepribadian anak terbentuk dari pendidikan sekolah dan ilmu yang diperolehnya.
Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”.
Pepatah tersebut menunjukkan bahwa kepribadian anak diturunkan dari kepribadian orangtua. Sikap atau perilaku orangtua sangat berpengaruh pada anak. Mengapa demikian? Karena anak akan meniru apa yang biasa dilakukan oleh orangtua tanpa disadarinya (di abwah kendali kesadarannya). Orangtua memiliki andil yang besar dalam membangun karakter anak. Pendidikan keluarga sangat penting untuk diberikan orantua pada anaknya. Hal ini bertujuan untuk membangun generasi cerdas berkarakter dan berjiwa sosial tinggi. Pendidikan karakter yang perlu ditanamkan orangtua pada anak sejak dini diantaranya:
1.      Kejujuran
Sejak kecil anak harus dilatih jujur. Jujur dimanapun berada dan kapan saja. Bukan hanya jujur ketika ada orangtua atau orang yang diseganinya sehingga ia takut, melainkan jujur sebagai kebutuhan. Tanamkan pada pola pikir anak, bahwa anak harus malu tatkala berbuat tidak jujur sebab Tuhan tidak tidur dan senantiasa mengawasi hambaNya. Betapa malunya kita, bila kita dilihat Tuhan sementara kita dalam kondisi berdusta. Dengan demikian, ada maupun tiada orang yang melihatnya, anak selalu berperilaku jujur.
2.      Berani
Ajarkan anak agar berani melakukan sesuatu tanpa harus takut berbuat salah. Tanamkan pada mindset anak:
Berani karena benar, takut karena salah.
Slogan tersebut mengajarkan bahwasannya kita tidak perlu takut selama kita berada di posisi benar. Sehingga anak tidak perlu minder, grogi ataupun takut untuk tampil ke depan menampilkan kebolehannya atau kepiawaian bakatnya.  Selain itu, tanamkan pula pada diri anak:
Berani berbuat, berani tanggungjawab.”
Ketika anak berani melakukan suatu tindakan, maka ia harus berani bertanggungjawab atas apa yang dilakukannya, termasuk juga ketika anak berbuat salah. Anak harus berani mengakui kesalahan dan menerima sanksi tatkala berbuat salah. Hal ini adalah salah satu contoh pendidikan berkarakter yang sedang digalakkan pemerintah yakni berani berbuat, berani bertanggungjawab.
3.      Disiplin
Great person is someone who does care and respect to time”.
Pepatah tersebut bukanlah sembarang pepatah melainkan tersirat makna bahwa orang besar adalah orang yang bisa menghargai waktunya dengan baik dengan memanage waktunya sebaik mungkin. Cara memanage waktu yang baik yaitu dengan membuat skala prioritas dan jadwal kegiatan sehingga tidak ada kegiatan yang terlewatkan dan tertunda. Dengan menghargai waktu, maka sang anak akan menjadi pribadi yang disiplin, on time, rajin dan tidak suka menunda-nunda pekerjaan ataupun tugas.
4.      Peduli
Tanamkan pada diri anak agar memiliki kepedulian pada orang lain. Misalkan:
  1. Mengajari anak berbagi dengan saudara. Contoh sang kakak memiliki roti, sebagian rotinya diberikan pada sang adik.
  2. Mengajari anak peduli dengan berbagi pada yatim piyatu, dhuafa’, fakir miskin, dan peminta-minta.
  3. Mengajari anak suka menolong orang lain. Contoh: Saat di jalan ada nenek-nenek atau orangtua yang kesulitan menyeberang jalan dibantu diseberangkan, saat ada orang yang keberatan membawa barang banyak dibantu dengan dibawakan.
  4. Dan lain-lain.
5.      Mandiri
Sejak kecil, tanamkan pada anak agar mandiri dan tidak manja atau tergantung pada orang lain. Misalnya:
  1. Setelah selesai makan, ajarkan pada anak agar mencuci piringnya sendiri. Dengan demikian anak menjadi mandiri dan bertanggungjawab atas dirinya sendiri.
  2. Ajarkan anak memakai baju sendiri, menyiapkan tugasnya sendiri sehingga anak terlatih untuk mandiri terhadap apa yang dibutuhkannya. Jangan latih anak manja dengan menyiapkan segala keperluanya dibantu baby sister, sementara anak sebenarnya mampu melakukannya sendiri. Hal ini tidak baik, anak yang biasa disiapkan kebutuhannya akan menjadi anak yang manja dan sedikit-sedikit memerintah orang lain.
  3. Ajarkan anak mencuci pakaiannya sendiri saat anak sudah berusia 10 tahun sehingga anak terlatih mandiri sejak kecil.
  4. Dan lain-lain.
6.      Tanggungjawab
Berani berbuat, berani tanggungjawab”.
Betapa banyak orang yang lari dari tanggungjawab tatkala berbuat kesalahan. Ia malu mengakui kesalahan dan akhirnya kabur dari permasalahannya. Hal ini merupakan kesalahan fatal. Untuk mengantisipasinya, dari keluarga perlu memberikan pendidikan rasa tanggungjawab pada diri anak. Ketika anak berbuat salah, anak harus berani menerima sanksinya, mau mengakuinya, dan mau meminta maaf atas kesalahan yang diperbuatnya. Misalkan: anak memecahkan piring. Ajarkan pada anak agar meminta maaf karena telah memecahkan piring, lalu ajarkan ia bertanggungjawab atas kesalahannya dengan mengumpulkan pecahan piring yang dipecahkannya dengan mengambilnya hati-hati (agar tidak tertusuk beling), lalu membersihkan pecahan dengan menyapunya.
7.      Pekerja keras
“Man Jadda wa Jada”
Barangsiapa yang bersungguh-sungguh, pasti akan berhasil
Pepatah arab tersebut benar adanya bahwasannya hasil tiada mengingkari usaha. Mengapa demikian, sebab Allah swt membagi rizki pada hambaNya berdasarkan kadar usaha hambaNya sesuai bunyi surat QS. Ar-Ra’d ayat 11.
Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka” QS Ar Ra’d: 11.
Tanamkan pada anak bahwa untuk meraih sesuatu perlu pengorbanan dan perjuangan. Tiada suatu keberhasilan yang diperoleh tanpa sebuah perjuangan dan kerja keras. Kesuksesan adalah 10% keberuntungan, sedangkan 80% kerja keras (ikhtiar) dan doa.
Bila ingin pintar maka hendaklah rajin belajar
Bila ingin berharga laksana mutiara maka hendaknya berkarya
Bila ingin kaya maka hendaknya rajin bekerja
8.      Sederhana
Perilaku sederhana sangatlah penting untuk diajarkan pada anak. Sikap sederhana ini akan membimbing seorang anak menjadi sosok yang bersahaja dan tidak terseret arus hedonisme yang cenderung berfoya-foya. Sikap sederhana mencerminkan diri yang senantiasa bersyukur atas nikmat yang Tuhan berikan.
9.      Adil
Tanamkan pada anak untuk berperilaku adil sejak dini. Perilaku adil bukanlah perilaku yang harus membagi sesuatu sama rata melainkan menempatkan sesuatu sesuai situasi dan kondisinya. Contoh: sikap orangtua yang memberikan uang saku anak SMA 10.000, anak SMP 5.000, dan anaknya yang SD 3000 adalah contoh sikap yang adil. Mengapa kalau adil tidak disamakan saja, baik SD, SMP maupun SMA siberi uang saku sama Rp 3000?. Baiklah mari kita tengok bersama, anak SD diberi uang saku lebih kecil karena kebutuhannya paling kecil, sementara anak SMP diberikan uang saku lebih besar karena kebutuhannya lebih banyak sehingga uang yang dibutuhkan lebih besar, sementara anak SMA diberikan uang saku lebih besar karena anak SMA kebutuhannya paling besar dibandingkan anak SD dan SMP. Coba bayangkan bila disamaratakan uang sakunya Rp 3000,00, maka anak SMP bahkan anak SMA tidak dapat mencukupi kebutuhannya. Selain itu, tanamkan pula pada anak bahwa kasih sayang orangtua terhadap anak-anaknya adalah adil bukan pilih kasih. Pada siapapun anak yang salah, tegur dan nasehatilah dengan kelembutan dan kasih sayang. Bukan yang kecil ketika salah lantas orangtua menegur atau yang besar ketika salah orangtua membiarkannya. Demikian pula anak yang terakhir (bungsu) dimanja, anak sulung diperlakukan keras. Orangtua yang bijaksana akan mampu menematkan posisinya dengan baik. Siapun anak yang salah tegur dan nasehatilah, berikanlah kasih sayang yang merata pada anak-anakmu.
Dengan menerapkan prinsip 9 karakter dilingkungan keluarga, maka terbentuklah generasi pemuda yang berkarakter. Karakter pemuda adalah jati diri bangsa. Karakter yang kuat pada setiap individu, khususnya karakter pemuda sangat penting untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa. Karakter bangsa yang diharapkan oleh negara Indonesia mengacu pada nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, peraturan pemerintah dan prinsip Bhinneka Tunggal Ika. Karakter baik apa saja yang diharapkan negara kita? Mengacu pada Undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 mengenai tujuan pendidikan nasional, watak atau karakater yang diharapkan ialah beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Perlu diketahui bahwa karakter yang baik yang tertanam kuat pada setiap individu sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mengapa demikian? Seorang cendekiawan Republik Roma, Marcus Tulius Cicero menyatakan bahwa kesejahteraan sebuah bangsa bermula dari karakter kuat warganya (Lickona: 2004). Sehubungan dengan pentingnya karakter, Bung Karno pernah mengatakan bahwa bangsa ini harus dibangun dengan mendahulukan pembangunan karakter karena karakter inilah yang akan membuat Indonesia menjadi bangsa yang besar, maju, dan jaya serta bermartabat (Soedarsono: 2009). Bayangkan jika setiap warga negara kita menjunjung tinggi nilai dan norma serta memiliki karakter yang kuat, semua orang dapat hidup berdampingan dengan rukun dan damai sebab karakter yang baik pada setiap individu akan membuatnya melakukan hal-hal yang baik dan dapat membuahkan hal-hal yang baik pula, tidak akan ada yang namanya perselisihan, penyimpangan, serta tindakan kriminal.
Apa akibatnya apabila warga negara tidak memiliki karakter yang baik dalam dirinya? Hal ini dapat membawa negaranya kepada kehancuran. Seperti yang diungkapkan oleh sejarawan ternama, Arnold Toynbee bahwa dari dua puluh satu peradaban dunia yang tercatat, sembilan belas hancur bukan karena penaklukan dari luar, melainkan karena pembusukan moral dari dalam (Lickona: 2004). Saat ini, kita sering mendengar berita tentang kekerasan, pembunuhan, pelecehan seksual, penyalahgunaan narkoba, dan tindakan kriminal lainnya. Korupsi pun telah merajalela di Indonesia. Pada tanggal 30 Januari 2016, Transparency International merilis indeks korupsi negara-negara dunia tahun 2015 dan Indonesia menempati peringkat 86 dari 168 negara yang dinilai. Akhir-akhir ini kita juga diresahkan dengan kasus LGBT (Lesbian Gay Biseksual Transgender) yang mulai masuk ke Indonesia dan menyuarakan persamaan HAM kepada pemerintah di negara kita. Padahal hal tersebut tidak sesuai dengan norma adat, agama dan sosial bangsa kita serta merupakan suatu perilaku penyimpangan seksual. Masalah-masalah tersebut terjadi salah satunya disebabkan oleh terkikisnya karakter bangsa dimana warga negara kita kurang menjunjung tinggi dan mulai melupakan nilai dan norma yang ada. Jika kita membiarkan karakter bangsa semakin melemah dan semakin terbawa arus globalisasi yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa maka bukannya tidak mungkin negara kita akan semakin terpuruk dan hancur.
Pendidikan karakter di lingkungan keluarga ini sangatlah penting untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yaitu mencapai masa keemasan pada tahun 2045. Dengan terbentuknya generasi yang berkarakter, maka lahirlah generasi emas Indonesia yang siap untuk menyongsong Indonesia emas 2045. Generasi Emas 2045 merupakan kekuatan utama untuk membangun NKRI secar efektif menjadi bangsa yang besar, maju, jaya dan bermartabat. Pendidikan karakter di lingkungan keluarga merupakan sebuah investasi besar yang memiliki peranan stategis dalam mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan sangat penting untuk merekonstruksi dan mereformulasi desain pendidikan yang dapat mendukung terciptanya generasi emas bangsa Indonesia. Pada masa milestone 100 tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) atau yang dikenal dengan masa keemasan Indonesia, Indonesia harus melakukan investasi besar-besaran dalam bidang pengembangan sumber daya manusia sebagai upaya menyambut periode tersebut (bonus demografi) sekaligus menyambut 100 tahun Indonesia merdeka, pada 2045 mendatang.

REFERENSI:
Lichona, T. 2004. Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books. 
Soedarsono, S. 2008. Membangun Kembali Jati Diri Bangsa, Peran Penting Karakter dan Hasrat untuk Berubah. Jakarta: Kompas Gramedia.  

#sahabat keluarga

Kamis, 08 Maret 2018

Prive Uri-Cran SOLUSI TEPAT ATASI ANYANG-ANYANGAN PADA WANITA


Prive Uri-Cran SOLUSI TEPAT ATASI ANYANG-ANYANGAN PADA WANITA
   *****
Oleh: Dewi Nur Halimah
Email: halimahundip@gmail.com, PH. 085725784395
           
Setiap wanita baik anak-anak hingga dewasa berpotensi untuk menderita anyang-anyangan. Apa sih anyang anyangan itu?. Anyang-anyangan adalah keinginan buang air kecil secara terus menerus. Anyang-anyangan yang disertai rasa sakit atau nyeri saat buat air kecil berpotensi menyebabkan infeksi saluran kemih. Resiko perempuan dapat terkena anyang-anyangan dapat mencapai 50% sepanjang hidupnya. Mayoritas perempuan berpotensi mengidap anyang-anyangan berulang kali hingga bertahun-tahun, sehingga perlu langkah preventif untuk menghindari terjadinya anyang-anyangan bahkan infeksi saluran kemih.
Setiap wanita perlu mengetahui tanda-tanda dan gejala dini anyang-anyangan agar segera dapat ditangani bila tanda-tanda itu muncul. Bila perlu diantisipasi dengan beberapa tindakan preventif untuk mencegah mengidap anyang-anyangan. Tanda-tanda anyang-anyangan diantaranya; 1). Mengalami demam, 2). Merasa lelah atau kurang sehat, 3). Urin berbau menyengat, pekat, dan kadang-kadang mengandung darah, 4). Rasa perih ketika buang air kecil, 5). Nyeri pada panggul bila terjadi pada wanita, 5). Buang air kecil lebih sering dengan volume sedikit-sedikit, 6). Hasrat berlebih untuk membuang air kecil. Sedangkan gejala anyang-anyangan yaitu: 1). Kencing sakit, 2). Sering kencing dan tidak bisa ditahan dan merasa seperti ada tekanan pada panggul 3). Rasa tidak  nyaman dan  nyeri pada perut bagian bawah, 4). Bau urin sangat menyengat, 5). Warna urin keruh dan kadang-kadang bercampur darah, 6). Badan terasa lelah, nyeri dan tidak enak, dan 7). Perasaan bahwa urin tidak keluar sepenuhnya setelah selesai kencing.
Siapakah yang beresiko terserang penyakit anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih?. Orang-orang yang beresiko mengidap anyang-anyangan diantaranya; 1). Orang yang sering menggunakan kateter untuk buang air kecil, 2). Wanita setelah masa menopouse. Hal ini karena pasca fase menopause, wanita memproduksi kadar estrogen yang jumlahnya lebih sedikit sehingga kandung kemih lebih rentan terserang infeksi, 3). Wanita yang aktif secara seksual, 4). Wanita yang menggunakan alat kontrasepsi terutama alat kontrasepsi diafragma dan spermisida, 5). Orang yang mengalami kelainan saluran kemih bawaan sejak lahir yang menyebabkan urin tidak dapat keluar dari tubuh secara normal atau urin mengalir kembali ke kantung kemih sehingga memicu terjadinya infeksi saluran kemih. Bukan hanya wanita saja yang beresiko terkena anyang-anyangan, pria pun juga berpotensi terkena anyang-anyangan. Akan tetapi pontesi lebih besar mengidap anyang-anyangan terjadi pada wanita. Hal ini karena wanita memiliki saluran kemih yang lebih pendek daripada laki-laki sehingga bakteri lebih mudah mencapai kandung kemih wanita daripada laki-laki. Itulah mengapa anyang-anyangan pada pria menyebabkan nyeri pada anus, sementara anyang-anyangan pada wanita menyebabkan nyeri pada bagian panggul.
Anyang-anyangan dapat disebabkan oleh beberapa hal. Untuk menghindari terjadinya anyang-anyangan, perlu diketahui akar penyebab anyang-anyangan sehingga bisa diantisipasi agar tidak mengidap anyang-anyangan. Anyang-anyangan tidak bisa disepelekan karena anyang-anyangan yang disertai rasa sakit dan nyeri dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, bahkan lebih lanjut anyang-anyangan dapat memicu terjadinya kerusakan ginjal. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan anyang-anyangan yang perlu kita ketahui:
a.      Kebiasaan cebok yang salah
Kebiasaan cebok yang salah setelah buang air besar atau air kecil adalah mengusap alat kelamin (organ keintiman) dari arah ke belakang ke depan, sehingga bakteri E.coli dari anus masuk organ keintiman dan menginfeksi kandungan kemih. Hal inilah yang menyebabkan anyang-anyangan. Cara cebok yang benar adalah mengusap organ keintiman dari arah depan ke belakang.
b.      Kurang menjaga kebersihan ketika berhubungan seksual
Banyak pasangan yang kurang menjaga kebersihan baik sebelum maupun sesudah melakukan hubungan seksual. Mereka tidak membersihan organ keintimannya terlebih dahulu sebelum melakukan hubungan seksual, begitu pula setelah melakukan hubungan seksual, mereka juga tidak membersihkan organ keintimannya. Akibatnya bakteri dan kuman yang ada di dalam organ intim bisa masuk ke dalam saluran kemih jika tidak dibersihkan terlebih dahulu. Sebagai dampaknya, sehari atau dua hari setelah berhubungan baik pihak pria maupun wanita bisa terkena anyang-anyangan.
c.       Infeksi bakteri Clamydia
Bakteri Clamydia adalah bakteri yang dapat menyebabkan keputihan pada wanita. Bakteri ini biasanya terdapat pada vagina wanita. Bila bakteri ini sampai masuk pada saluran kemih maka dapat menginfeksi saluran kemih sehingga menyebabkan anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih (ISK).
d.      Alergi
Pria yang mengidap anyang-anyangan bisa disebabkan oleh faktor alergi. Alergi itu disebabkan oleh lendir atau cairan vagina yang ada pada pasangannya setelah berhubungan intim. Pengecekan alergi terhadap cairan keputihan wanita ini penting dilakukan oleh pria agar tidak mengganggu aktivitas seksualnya bersama dengan pasangan.
e.       Kelainan pada saluran kemih
Kelainan pada saluran kemih bawaan sejak lahir dapat menyebabkan seseorang tidak dapat mengeluarkan urin dari tubuhnya secara sempurna. Urin yang dikeluarkan justru ada yang tertinggal dan kembali ke saluran kemih. Akibatnya hal tersebut dapat memicu infeksi saluran kemih.
f.       Masa menopouse
Saat memasuki fase menopause, wanita memproduksi kadar estrogen dalam jumlah yang lebih sedikit. Oleh karena itu sistem kekebalan kandung kemihnya juga menurun sehingga lebih rawan terkena infeksi saluran kemih yang pada akhirnya menimbulkan gejala anyang-anyangan.
g.      Struktur organ intim yang tidak normal
Salah satu hal yang menyebabkan seseorang terkena anyang-anyangan adalah struktur organ intim yang tidak normal. Struktur itu misalnya saja adalah refluks urin yang lebih tinggi dibandingkan saluran kemih bisa meningkatkan tekanan hidrostatik. Tekanan itu bisa memunculkan infeksi saluran kemih.
h.      Pembesaran Prostat
Membesarnya prostat dapat menekan saluran kencing sehingga urin tertahan dalam kandung kemih. Kondisi ini akan meningkatkan resiko tumbuhnya bakteri dalam kandung kemih lantaran urin yang tak kunjung dikeluarkan dengan tuntas. 
i.        Penderita diabetes
Penderita diabetes beresiko terkena anyang-anyangan. Hal ini dikarenakan penderita diabetes memiliki hasrat buang air kecil yang cukup tinggi namun urin yang dikeluarkan biasanya sedikit saja. Kondisi serupa juga terjadi pada pengidap asam urat atau tekanan darah tinggi.
j.        Dehidrasi
Dehidrasi dapat menyebabkan seseorang mengalami anyang-anyangan. Hal itu karena pada  saat orang mengalami dehidrasi, ia akan memproduksi sedikit urin. Semakin dia membiarkan tubuhnya dehidrasi, produksi urin akan semakin sedikit dan menyebabkan dirinya menjadi sulit untuk berkemih. Orang yang dehidrasi juga akan merasakan ingin selalu buang air kecil namun volume urin yang dikeluarkan hanyalah sedikit. Jika sudah begitu, anyang-anyangan pun bisa menyerang orang yang terkena dehidrasi tersebut.
k.      Kehamilan
Orang yang sedang hamil tua biasanya akan mengalami anyang-anyangan. Penyebab anyang-anyangan pada wanita ini karena pada saat usia kandungan membesar, kandungan akan menekan kantung kemih. Kantung kemih yang tertekan akan membuat seseorang selalu ingin buang air kecil atau berkemih. Meskipun urin yang ada di dalam kantung kemih sedikit, jika kantung kemih itu tertekan maka ibu hamil bisa merasakan keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus.
l.        Penggunaan alat KB
Efek dari penggunaan alat KB adalah rasa ingin buang air kecil secara terus menerus, terutama jika alat KB tersebut berbentuk spiral yang dimasukkan ke dalam rahim wanita.
m.    Efek penggunaan kateter
Pasien yang menggunakan alat bantu kateter (selang kencing) untuk buang air kecil cenderung mengalami anyang-anyangan. Hal ini terjadi karena alat yang terpasang bisa menjadi jembatan bakteri untuk masih ke kandung kemih.
n.      Penderita batu ginjal
Batu ginjal yang dialami oleh pria dan sedikit wanita bisa menyebabkan seseorang terkena infeksi. Batu ginjal itu bisa menekan saluran kemih sehingga rasa ingin berkemih terus-terusan namun tidak bisa dikeluarkan semua dikarenakan tersumbat dengan adanya batu ginjal tersebut.
o.      Beberapa jenis minuman tertentu
Beberapa jenis minuman dapat menyebabkan iritasi kandung kemih seperti soda yang mengandung jeruk, alkohol, serta yang mengandung kafein. Untuk mencegah atau menyembuhkan anyang-anyangan, kurangi atau hentikan asupan beberapa minuman tersebut.
p.      Penggunaan alat pembersih organ keintiman
Slah satu penyebab anyang-anyangan lainnya yaitu efek dari penggunaan produk pembersih kewanitaan. Kebanyakan produk semacam ini mengandung bahan kimia berbahaya atau wewangian yang dapat meningkatkan resiko infeksi. Oleh sebab itu, kurangi penggunaannya. Ada baiknya kita menggunakan rebusan daun sirih alami bila ingin membersihkan organ keintiman.
Gambar 1. Hal-Hal yang Menyebabkan Anyang-Anyangan (Resource: http://uricran.co.id).

Paparan di atas adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang menderita anyang-anyangan. Penyakit anyang-anyangan ini tidak bisa disepelekan kawan-kawan. Anyang-anyangan adalah gejala awal penyebab infeksi saluran kemih bahkan bisa memicu kerusakan pada ginjal. Bagaimanakah solusinya?. Solusinya adalah dengan rutin mengonsumsi Prive Uri-Cran. Mengapa harus Prive Uri-Cran?. Karena Prive Uri-Cran adalah produk yang aman dan ampuh untuk mencegah anyang-anyangan yang terbuat dari ekstrak cranberry yang mengandung proantosyanidin untuk menangkap bakteri E.coli sehingga dapat mencegah bakteri E.coli menempel pada dinding saluran kemih yang dapat menginfeksi saluran kemih.     
Priveuri-cran merupakan ekstrak buah cranberry berbentuk kapsul dengan komposisi Vaccinium macrocarpon (ekstrak Cranberry) 250 mg dan mengandung 18 mg PAC (Proanthocyanidin) Symptoms. 1 box Prive uri-cran berisi 3 blister yang masing-masing blister berisi 10 kapsul. Aturan minumnya bisa dengan meminum 1-2 kapsul per hari. Sedangkan Prive uri-cran Plus ekstrak buah cranberry berbentuk Powder Sachet dengan komposisi 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vitamin C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, dan 0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Isi 1 box Prive uri-cran Plus ada 15 sachet dan aturan minumnya 1-2 Sachet per hari.
Gambar 2. Prive Uri-Cran (Resource: http://uricran.co.id).

Gambar 3. Prive Uri-Cran Plus (Resource: http://uricran.co.id).

Kandungan buah cranbery diantaranya:
1.      Mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi.     
2.      Kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin.
3.      Mengandung senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.
4.      Dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.
5.      Buah cranberry memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi saluran kemih.
6.      Proanthocyanidins memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak
akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.
7.      Kandungan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin yang terdapat pada buah cranberry terbukti ampuh melawan kanker secara in vitro, namun kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.
Gambar 4. Buah Cranbery (Resource: http://uricran.co.id).

Manfaat Prive Uri-Cran:
1.      Menjaga kesehatan saluran kemih.
2.      Mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.
3.      Menghambat pertumbuhan bakteri E.coli
4.      Membantu memelihara kesehatan.
5.      Mengatasi penyakit anyang-anyangan.

REFERENSI:  
Anonim. 2018. “Penjelasan Penyebab Penyakit Anyang-Anyangan dan Pengobatan Penyakit Anyang-Anyangan”. Available at: http://anyanganyangan.com/. Diakses Tanggal 4 Maret 2018.
Aprilianti, Mega. 2018. “21 Penyebab Anyang-Anyangan yang Tak Boleh Disepelekan”. Available at: https://mediskus.com/penyakit/21-penyebab-anyang-anyangan-yang-tak-boleh-disepelekan. Diakses Tanggal 5 Maret 2018.
Combiphar. 2016. “Cranbery Story”. Available at: http://uricran.co.id/cranberry-story/. Diakses Tanggal 9 Maret 2018.
Combiphar. 2016. “Prive Uri-Cran Product”. Available at: http://uricran.co.id/product/. Diakses Tanggal 9 Maret 2018.
Halosehat. 2018. “13 Penyebab Anyang-Anyangan pada Pria dan Wanita”. Available at: https://halosehat.com/penyakit/sumber-penyakit/penyebab-anyang-anyangan. Diakses Tanggal 6 Maret 2018.         

Rabu, 28 Februari 2018

JATI BLORA (Tectona grandis) SEBAGAI FLORA ANDALAN IDENTITAS KABUPATEN BLORA, JAWA TENGAH


JATI BLORA (Tectona grandis) SEBAGAI FLORA ANDALAN IDENTITAS KABUPATEN BLORA, JAWA TENGAH
 
Gambar 1. Pohon Jati 1 (Resource: http://pritjohan.blogspot.co.id/2012/04/blora-penghasil-kayu-jati-kualitas.html).
            Kabupaten Blora merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang memiliki flora unggulan berupa tanaman jati. Jati Blora (Tectona grandis) merupakan tanaman yang menjadi identitas kabupaten Blora dan tersohor dimana-mana bahwasannya kota Blora adalah kota jati. Blora dijuluki sebagai kota jati karena Blora merupakan daerah penghasil jati terbesar  sepulau Jawa. Kayu jati di Blora dikenal memiliki kualitas kayu jati terbaik di Indonesia, bahkan jati Blora sudah dikenal di mancanegara karena kualitasnya yang bagus.
Gambar 2. Kualitas Pohon Jati Blora (Resource: https://twitter.com/info_blora/status/467892767696240641).     

         Hutan di kabupaten Blora didominasi dengan pohon jati yang besar-besar menjulang tinggi. Hutan atau dikenal dengan sebutan alas merupakan pemasok kayu jati terbesar di kabupaten Blora. Pohon jati biasanya dibudidayakan di hutan oleh pemerintah kabupaten Blora, namun sebagian warga masyarakat Blora juga membudidayakan pohon jati di kebun-kebun mereka. Untuk melestarikan lingkungan di Blora, pemerintah menggalakkan sistem reboisasi dan sistem tebang pilih. Reboisasi atau penghijauan bertujuan untuk menjaga kelestarian hutan agar tidak gundul. Sistem tebang pilih bertujuan untuk melestarikan pohon-pohon dengan hanya menebang pohon yang sudah besar dan siap untuk dijadikan bahan bangunan, sementara pohon-pohon yang masih berukuran kecil dibiarkan tetap tumbuh di area hutan. Selain sistem reboisasi dan tebang pilih, pemerintah juga melarang adanya praktek illegal logging (penebangan liar) di hutan untuk menghindari adanya kerusakan hutan. 
Gambar 3. Pohon Jati Blora (Resource: https://twitter.com/info_blora/status/466986406212956160). 


          Jati-jati yang dihasilkan oleh kabupaten Blora ini selanjutnya akan diolah menjadi produk mebel dan bahan bangunan. Kayu-kayu jati yang diproduksi kota Blora ini dipasarkan ke daerah lain seperti dikirim ke Jepara (kota ukir sebagai bahan baku mebel dan ukir-ukiran) serta diekspor ke mancanegara.  Jati Blora yang menjadi ikon kota Blora ini memiliki kontribusi besar dalam meningkatkan pendapatan daerah kabupaten Blora, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan menyumbang kelestarian alam yakni sebagai taman kota sekaligus paru-paru kota (penghasil oksigen).         

REFERENSI GAMBAR:  

Info_Blora. 2014. “Jati Raksasa di Hutan Pasar Sore Kecamatan Sambong, Blora”. Available at: https://twitter.com/info_blora/status/467892767696240641. Diakses Tanggal 1 Maret 2018.
Info_Blora. 2014. “Panorama Hutan Jati Teres menanti masa tebangan, kambiumnya dihilangkan jadi serasa musim gugur”. Available at: https://twitter.com/info_blora/status/466986406212956160. Diakses Tanggal 1 Maret 2018.
Winawang, Agung P. 2012. “Blora Penghasil Kayu Jati Kualitas Terbaik di Indonesia”. Available at: http://pritjohan.blogspot.co.id/2012/04/blora-penghasil-kayu-jati-kualitas.html. Diakses Tanggal 1 Maret 2018. 

#SAHABATGOLD
#pesonabungaSAHABAT

Kamis, 15 Februari 2018

KETERAMPILAN PUBLIC SPEAKING


KETERAMPILAN PUBLIC SPEAKING SEBAGAI BEKAL PEMIMPIN MASA DEPAN DALAM MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENTS GOALS INDONESIA 2030 MENJELANG MASA KEEMASAN
INDONESIA 2045
*****  
Oleh: Dewi Nur Halimah, S.Si
halimahundip@gmail.com/ PH. 085725784395



            Public speaking adalah kemampuan komunikasi secara lisan baik berupa pidato, ceramah, presentasi, dan jenis berbicara di depan umum (orang banyak) lainnya. Banyak orang mahir berbicara saat bersama temannya, namun itu tak menjamin ia mampu berbicara dengan bahasa yang baik di hadapan khalayak umum. Bahkan tak jarang, berbicara di depan khalayak umum menjadi momok yang menakutkan yang harus dihadapi bagi sebagian orang. Tak bisa dipungkiri bahwa komunikasi lisan adalah jembatan bagi seseorang untuk menyampaikan aspirasinya di depan umum.
            Mengapa kemampuan public speaking itu penting?. Karena kemampuan public speaking dapat membuat seseorang mampu mempengaruhi, menguasai atau bahkan mempersuasi seseorang dalam keadaan tertentu. Teknik bicara yang mumpuni di depan umum merupakan cara berkomunikasi yang tepat dengan khalayak umum baik berupa penyampaian pesan, mempengaruhi orang, memotivasi orang, menginspirasi orang, mengajar, dan lain sebagainya. Pandai public speaking bukan berarti pandai berbicara (banyak ngomong), melainkan kemampuan mengolah kata-kata sehingga mampu menguasai bawah sadar pendengar, mampu mengubah pola pikir pendengar, kemudian mempengaruhi untuk meng-IYA-kan apa yang dikatakan oleh si pembicara.
            Sebagai contohnya adalah Ibu Sri Mulyani, menteri keuangan RI yang baru saja mendapatkan penghargaan sebagai menteri terbaik dunia. Beliau mahir dalam berkomuniasi dengan pendengar sehingga apa yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pendengar. Bahkan apa saja yang diutarakannya  memiliki sisi yang unik, berbeda, dan pola pikirnya membuat orang tersentuh karena ketakjubannya. Seorang presiden, dalam menyampaikan visi misinya di depan mimbar atau berpidato dalam suatu forum, juga perlu keahlian public speaking agar apa saja yang diutarakannya dapat diterima dengan baik oleh pendengar. Selain itu, keterampilan public speaking juga bisa mempengaruhi bawah sadar pendengar untuk mengikuti dan melakukan apa yang seorang presiden anjurkan.
            Dalam dunia pendidikan, khususnya dalam hal seleksi beasiswa pascasarjana, public speaking sangat diperlukan. Kemampuan public speaking sangat penting agar si calon penerima beasiswa dapat dinyatakan lolos seleksi untuk mendapatkan beasiswa. Beberapa seleksi beasiswa yang memerlukan kemampuan public speaking diantaranya: seleksi wawancara dan seleksi LGD (Leaderless Group Discussion). Pada sesi wawancara, pelamar beasiswa akana dihadapkan dengan 3 nterviewer yang terdiri dari 2 orang professor yang ahli dalam bidang studi yang akan ditempuh oleh si pelamar beasiswa dan seorang Psikolog untuk melihat dan menilai kharakter serta kondisi psikologi pelamar. Lama sesi wawancara berkisar antara 20 menit sampai satu jam-an. Lamanya waktu wawancara tak menjadi faktor keberhasilan wawancara, akan tetapi keberhasilan sesi wawancara ditentukan oleh seberapa jelas, lugas, dan mengensankan si pelamar memberikan informasi dan jawaban kepada interviewer terkait setiap pertanyaan yang diajukan.
            Pada sesi LGD (Leaderless Group Discussion), kelompok diskusi sudah dibagi nomor kelompoknya dan jadwal diskusinya sejak pengumuman lolos administrasi diterima. Layaknya FGD (Focus Group Discussion), kelompok diskusi akan diberikan waktu untuk berdiskusi tentang tema yang diberikan oleh observer. Lama waktu sesi LGD (Leaderless Group Discussion) sekitar 45 menit yang akan dipandu oleh 2 orang observer. 2 orang observer hanya berbicara pada awal sebelum diskusi dilakukan. Mereka hanya bertugas untuk menyampaikan tema dan waktu diskusi. Selanjutnya diskusi dimulai oleh kelompok. Pada sesi LGD (Leaderless Group Discussion) ini, hal yang perlu diperhatikan diantaranya; 1). Setiap anggota diskusi terlibat dalam menyampaikan pendapatnya, 2). Diskusi tidak didominasi oleh seseorang, 3). Wajib ada yang menginisiasi pembicaraan, dimulai dengan memilih siapa yang ingin terlibat sebagai ketua diskusi, moderator, time keeper dan juga notulen, 4). Tidak perlu berebut tugas dan peran, alangkah baiknya jika menawarkan diri dan disetujui oleh kelompok untuk mengambil peran tersebut, dan 5) sampaikan pendapat secara jelas, tepat dengan tema dan sesuai dengan waktu yang diberikan.
Demikian pula saat seleksi wawancara kerja. Seorang pelamar kerja dituntut bisa berkomunikasi dengan baik dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh sang interviewer. Tak jauh berbeda dengan sesi wawancara beasiswa, seorang pelamar kerja akan dihadapkan dengan 3 orang interviewer. Menghadapi 3 interviewer, perlu kelihaian public speaking untuk memberikan kesan dan kesan yang menarik pada interviewer. Keberhasilan wawancara bukan terletak pada seberapa lama si pelamar diwawancara melainkan dari kemampuan si pelamar menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh intervier dan jawaban yang diberikan sesuai dengan visi dan misi perusahaan.             
Keahlian public speaking, bukan hanya diperlukan saat melamar beasiswa ataupun melamar pekerjaan saja, melainkan juga diperlukan untuk beberapa kegiatan lain seperti berpidato, ceramah, presentasi di depan kelas atau di depan forum, menyampaikan pendapat pada sebuah diskusi/ musyawarah, kampanye, memimpin rapat/ memfasilitasi sebuah diskusi, memimpin sebuah acara (MC/ presenter), menjadi moderator di sebuah seminar atau talk show, dan bentuk komunikasi lainnya. Bahkan ketika sudah berprofesi pun, baik profesi sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) maupun pegawai swasta/ karyawan perusahaan, public speaking  juga diperlukan dalam hal presentasi dan lobbying saat ada rapat/ diskusi ataupun tender. Mengingat begitu pentingnya kemampuan public speaking dalam kehidupan seseorang yang menentukan kualitas diri seseorang, berikut beberapa cara untuk menguasai public speaking dengan baik:
a)      Tulislah materi yang akan disampaikan dalam bentuk poin-poin sehingga mudah untuk dipahami dan dihafal.
b)      Lakukan interaksi dengan audience/ pendengar.
c)      Sisipkan humor di tengah-tengah pembicaraan, biar tidak terkesan kaku dan tegang.
d)     Lakukan improvisasi setelah menguasai materi, agar pembawaan lebih luwes.
e)      Berbicara dengan lugas, tegas, dan jelas sehingga memberikan kesan mengesankan bagi pendengar.
f)       Bangun kredibilitas pembicara agar mampu mempengaruhi tingkat kepercayaan pendengar.
g)      Gunakan bahasa tubuh untuk memberikan penegasan-penegasan pada informasi yang ingin ditekankan.
h)      Memilih kata-kata yang menarik dan disesuaikan dengan audience/ pendengar.
i)        Berlatih dengan menciptakan kondisi yang sama dengan kondisi yang akan dihadapi.
j)        Berlatih dengan menggunakan cermin.
k)      Berlatih vokal yang bagus agar percaya diri kertika berbicara di depan khalayak umum.
l)        Berikan konklusi yang kuat untuk meyakinkan pendengar.          
Setiap individu secara sadar maupun tidak, sudah melakukan apa yang namanya public speaking dalam hampir semua aktifitas hariannya, baik dalam bahasa harian, bisnis, akademis maupun bahasa professional.  Hal ini menjadikan skill public speaking yang mumpuni dan terus diasah merupakan sebuah kebutuhan utama, khususnya di kalangan pemuda, sebagai generasi emas yang akan menjadi pemimpin masa depan yang memiliki karakter dan kemampuan berkomunikasi yang baik dengan siapapun dan dalam kondisi apapun.
Public speaking merupakan salah satu passion yang diperlukan untuk menjawab tantangan global dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable developments goals) bangsa Indonesia. Public speaking merupakan keterampilan yang wajib dimiliki oleh para pemimpin bangsa dan pemuda Indonesia dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable developments goals) bagi bangsa Indonesia. Agenda pembangunan berkelanjutan dibuat untuk menjawab tuntutan kepemimpinan dunia dalam mengatasi kemiskinan, kesenjangan, dan perubahan iklim dalam bentuk aksi nyata. 
Konsep Tujuan Pembangunan Berkelanjutan diukur dalam menyeimbangkan tiga dimensi pembangunan berkelanjutan; (1) lingkungan, (2) sosial, dan (3) ekonomi. Agenda 2030 terdiri dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SGDs) atau Tujuan Global, yang akan menjadi tuntunan kebijakan dan pendanaan untuk 12 tahun ke depan (2030).  Masalah yang hendak dituntaskan dalam target tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable developments goals) diantaranya; pengentasan kemiskinan dan kelaparan, perbaikan kesehatan, dan pendidikan, pembangunan kota yang lebih berkelanjutan, mengatasi perubahan iklim, serta melindungi hutan dan laut. 
Tahun 2045 adalah masa keemasan Indonesia dimana seratus tahun memperingati kemerdekaan Indonesia. Pada masa keemasan ini, harapannya Indonesia sudah dapat mencapai 17 tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable developments goals) di tahun 2030. Pemuda Indonesia yang merupakan pemimpin masa depan perlu memiliki jiwa leadership tinggi dan memiliki keterampilan public speaking untuk meraih kesuksesannya di masa depan, sebab keahlian berkomunikasi merupakan syarat seorang pemimpin dapat memimpin rakyatnya, mempengaruhi, bahkan meng-IYA-kan apa yang dihimbaukannya.
Generasi Emas 2045 merupakan kekuatan utama untuk membangun NKRI secara efektif menjadi bangsa yang besar, maju, jaya dan bermartabat. Faktor determinan membangun kehuidupan yang lebih baik, termasuk kehidupan berbangsa adalah Sumber Daya Manusia (SDM). Wilson dan Ernesto mengatakan bahwa sentra utama kehidupan adalah SDM. Mereka mengatakan: “if you dig very deeply into any problem, you will get people. The human being is the center and yardstick of everything”. Jadi, kualitas SDM menentukan kualitas kehidupan termasuk kualitas sebuah bangsa. Indonesia harus melakukan investasi besar-besaran dalam bidang pengembangan sumber daya manusia sekaligus sebagai upaya menyambut 100 tahun Indonesia merdeka, pada 2045 mendatang.  
Pada masa milestone 100 tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) atau yang dikenal dengan masa keemasan Indonesia, setiap pemuda Indonesia harus memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Kesempatan emas yang baru pertama kalinya terjadi sejak Indonesia merdeka tersebut dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, maka populasi usia produktif yang jumlahnya luar biasa tersebut akan benar-benar menjadi bonus demografi (demographic dividend) yang sangat berharga. Akan tetapi, sebaliknya, bukan mustahil kesempatan emas tersebut menjadi bencana demografi (demographic disaster) bila kita tidak dapat mengelolanya dengan baik. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan membekali pemuda Indonesia dengan pendidikan public speaking  agar mereka mampu berdaya saing dan berkomunikasi dengan baik dengan kompetitor-kompetitor yang datang dari berbagai penjuru negara.