HALIMAH BINTI MASDARI

Rabu, 28 Februari 2018

JATI BLORA (Tectona grandis) SEBAGAI FLORA ANDALAN IDENTITAS KABUPATEN BLORA, JAWA TENGAH


JATI BLORA (Tectona grandis) SEBAGAI FLORA ANDALAN IDENTITAS KABUPATEN BLORA, JAWA TENGAH
 
Gambar 1. Pohon Jati 1 (Resource: http://pritjohan.blogspot.co.id/2012/04/blora-penghasil-kayu-jati-kualitas.html).
            Kabupaten Blora merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang memiliki flora unggulan berupa tanaman jati. Jati Blora (Tectona grandis) merupakan tanaman yang menjadi identitas kabupaten Blora dan tersohor dimana-mana bahwasannya kota Blora adalah kota jati. Blora dijuluki sebagai kota jati karena Blora merupakan daerah penghasil jati terbesar  sepulau Jawa. Kayu jati di Blora dikenal memiliki kualitas kayu jati terbaik di Indonesia, bahkan jati Blora sudah dikenal di mancanegara karena kualitasnya yang bagus.
Gambar 2. Kualitas Pohon Jati Blora (Resource: https://twitter.com/info_blora/status/467892767696240641).     

         Hutan di kabupaten Blora didominasi dengan pohon jati yang besar-besar menjulang tinggi. Hutan atau dikenal dengan sebutan alas merupakan pemasok kayu jati terbesar di kabupaten Blora. Pohon jati biasanya dibudidayakan di hutan oleh pemerintah kabupaten Blora, namun sebagian warga masyarakat Blora juga membudidayakan pohon jati di kebun-kebun mereka. Untuk melestarikan lingkungan di Blora, pemerintah menggalakkan sistem reboisasi dan sistem tebang pilih. Reboisasi atau penghijauan bertujuan untuk menjaga kelestarian hutan agar tidak gundul. Sistem tebang pilih bertujuan untuk melestarikan pohon-pohon dengan hanya menebang pohon yang sudah besar dan siap untuk dijadikan bahan bangunan, sementara pohon-pohon yang masih berukuran kecil dibiarkan tetap tumbuh di area hutan. Selain sistem reboisasi dan tebang pilih, pemerintah juga melarang adanya praktek illegal logging (penebangan liar) di hutan untuk menghindari adanya kerusakan hutan. 
Gambar 3. Pohon Jati Blora (Resource: https://twitter.com/info_blora/status/466986406212956160). 


          Jati-jati yang dihasilkan oleh kabupaten Blora ini selanjutnya akan diolah menjadi produk mebel dan bahan bangunan. Kayu-kayu jati yang diproduksi kota Blora ini dipasarkan ke daerah lain seperti dikirim ke Jepara (kota ukir sebagai bahan baku mebel dan ukir-ukiran) serta diekspor ke mancanegara.  Jati Blora yang menjadi ikon kota Blora ini memiliki kontribusi besar dalam meningkatkan pendapatan daerah kabupaten Blora, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan menyumbang kelestarian alam yakni sebagai taman kota sekaligus paru-paru kota (penghasil oksigen).         

REFERENSI GAMBAR:  

Info_Blora. 2014. “Jati Raksasa di Hutan Pasar Sore Kecamatan Sambong, Blora”. Available at: https://twitter.com/info_blora/status/467892767696240641. Diakses Tanggal 1 Maret 2018.
Info_Blora. 2014. “Panorama Hutan Jati Teres menanti masa tebangan, kambiumnya dihilangkan jadi serasa musim gugur”. Available at: https://twitter.com/info_blora/status/466986406212956160. Diakses Tanggal 1 Maret 2018.
Winawang, Agung P. 2012. “Blora Penghasil Kayu Jati Kualitas Terbaik di Indonesia”. Available at: http://pritjohan.blogspot.co.id/2012/04/blora-penghasil-kayu-jati-kualitas.html. Diakses Tanggal 1 Maret 2018. 

#SAHABATGOLD
#pesonabungaSAHABAT

Tidak ada komentar :