HALIMAH BINTI MASDARI

Rabu, 07 Desember 2016

Berteladan pada Sayyidah Aisyah RA

Berteladan pada Siti Aisyah RA



            Assalamualaikum. Hello ladies…J
            Masih ingatkah sosok Sayyidah Aisyah RA? Siapakah beliau. Well…Sayyidah Aisyah RA adalah istri kesayangan rosulullah SAW. Sayyidah Aisyah RA adalah sosok wanita yang memiliki jiwa leadership tinggi. Bagimana tidak?, ia adalah seorang panglima perang. Bukan hanya itu. Ia adalah sosok yang sangat cerdas. Hal ini terbukti pada beliau hafal ribuan hadist (banyak hadist yang diriwayatkan olehnya yang digunakan para sahabat Nabi sebagai rujukan). Subhanallah…luar biasa bukan?. Cantik, cerdas, memiliki jiwa leadership tinggi pula.
            Sayyidah Aisyah RA adalah sosok yang lembut, anggun, imut, dan sangat cantik. Karena kecantikannya, matanya yang berbinar-binar, bibirnya yang indah dan pipinya yang merah delima hingga dipanggil “Khumairah” oleh Rosulullah SAW. Bayangkan, jika Nabila Syakieb begitu cantik dan mampu membuatmu terpesona, bagaimana dengan kecantikan sayyidah Aisyah RA. Sudah cantik jelita, sangat cerdas, lemah lembut, santun, lucu, tegas pula. Subhanallah, inilah sosok Bunda (Ummah sepanjang zaman) yang begitu menginspirasi ummat muslim seluruh dunia.   
            Kaum  muslimin muslimat yang dirahmati Allah SWT…
            Ada hal yang penting yang perlu engkau ketahui, bahwa sosok Sayyidah Aisyah RA adalah sosok yang dermawan. Hal ini karena beliau meneladani sang ayah yang dermawan (Sayyidina Abu Bakar RA menyedekahkan seluruh hartanya untuk berjuang dijalan Allah). Bayangkan, adakah orang sebaik Sayyidina Abu Bakar RA yang rela menyedekahkan seluruh hartanya untuk berjuang di jalan Allah?. Sungguh, begitu cintanya pada Allah SWT dan Rosulullah SAW. Sayyidah Aisyah RA rajin bersedekah, dermawan, penyayang terhadap fakir miskin. Sayyidah Aisyah RA sangat taat terhadap kedua orangtuanya, beliau berjiwa pengasih lagi penyayang. Sungguh, begitu mulia Hatinya.
            “Sayyidah Aisyah RA menyedekahkan 70.000 dirham, sementara ia sendiri menambal sisi baju panjang miliknya” (HR. Ibnu Sa’ad dalam Ath-Thbaqot, VIII/45).
Beliau (Sayyidah Aisyah RA) adalah sosok yang lebih mementingkan orang lain. Bagaimana tidak, beliau menyedekahkan hartanya pada orang-orang, sementara bajunya sendiri ditambah. Subhanallah Ya Sayyidah Aisyah RA. Sayyidah Aisyah RA, jua sosok ahli ibadah dan puasa.
Al-Qasim berkata “Sayyidah Aisyah RA berpuasa sepanjang massa”. (HR. Ibnu Sa’ad, VIII/ 47).
Maksudnya adalah Sayyidah Aisyah RA berpuasa sepanjang tahun, kecuali hari-hari terlarang untuk berpuasa, seperti dua hari raya, hari-hari tasyriq, haid, dan lainnya.
Sayyidah Aisyah RA adalah ummul mukminin yang menjadi pemimpin segala kemuliaan, kemurahan hati, zuhud, dan seluruh nilai-nilai utama. Beliau itu lucu, menyenangkan, berakhlak mulia. Diriwayatkan dari Sayyidah Aisyah RA, ia berkata, “Rosulullah SAW pulang dari perang Tabuk dan Khoibar. Di depan pintu rumah terdapat tirai, laluangin berhembus menyingkap boneka boneka Sayyidah Aisyah RA yang ada di ujung tirai. Beliau bertanya, “Apa ini Aisyah?,”. “Boneka-bonekaku,” jawabnya. Di antara boneka-boneka itu, beliau melihat kuda memiliki dua sayap dari kertas. Beliau kemudian bertanya, “Yang aku lihat ditengah tengahnya ini apa?”. “Kuda,” jawabnya. “Ini apanya? Tanya beliau. “Dua sayap,” jawabnya. “Kuda punya dua sayap?,” tanya beliau. “Apa kau tidak mendengar kalau Sulaiman punya kuda bersayap?, balik Aisyah. Beliau (Rosulullah SAW) pun tertawa hingga gigi-gigi geraham beliau nampak (HR Abu Dawud (4932), lafal hadits miliknya. An-Nasa’I dalam As-Sunan Al-Kubra. Al-Arnauth berkata, “Sanad hadits ini shahih”)
Duhai insan yang dirahmati Allah SWT..
Hendaklah engkau berlaku lemah lembut…
Karena setiap kelemah lembutan
Akan meluluhkan hati yang keras
Karena kelemah lembutan
Membawakan kedamaian
Sebagaimana yang diteladankan oleh Sayyidah Aisyah RA.          


Tidak ada komentar :