HALIMAH BINTI MASDARI

Kamis, 05 Juli 2018

PERAN SERTA UNIVERSITAS TANJUNGPURA (UNTAN) DALAM MEMBANGUN NEGERI DENGAN MENCETAK GENERASI EMAS YANG BERPRESTASI DAN MEMBERIKAN BUKTI NYATA PENGABDIAN UNTUK NEGERI


PERAN SERTA UNIVERSITAS TANJUNGPURA (UNTAN) DALAM MEMBANGUN NEGERI DENGAN MENCETAK GENERASI EMAS YANG BERPRESTASI DAN MEMBERIKAN BUKTI NYATA PENGABDIAN UNTUK NEGERI 

 
Gambar 1. Universitas Tanjungpura (Available at: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/10/04/satu-satunya-di-indonesia-munculnya-di-universitas-tanjungpura)


            Hello guys, pernah dengar nama perguruan tinggi “Universitas Tanjungpura” atau lebih tersohor dengan sebutan UNTAN?. Okay, penulis yakin dari sekian banyak pembaca, ada yang sudah tahu tentang “Universitas Tanjungpura”, namun ada juga banyak pembaca yang belum mengerti “Universitas Tanjungpura”. Well…penulis sendiri mengerti nama perguruan tinggi “Universitas Tanjungpura” baru sejak Mei 2016. Pada Mei 2016, penulis terpilih sebagai satu-satunya delegasi yang mewakili Jawa Tengah untuk event tahunan nasional yang diadakan oleh Prasetya Mulya University yakni ICN (Indonesian Culture and Nationalism). Di acara ICN 2016 ini, penulis bersama 32 peserta lain dari masing-masing provinsi di seluruh Indonesia, salah satunya ada peserta delegasi dari Kalimantan Barat yang bernama Aidil Andani Ismail dari Universitas Tanjungpura. Berawal dari kenal Aidil Andani inilah yang menghantarkan saya mengenal Universitas Tanjungpura.   

Gambar 2. Dewi Nur Halimah (Penulis) sebagai Delegasi ICN Jateng (Dokumentasi Pribadi).
Gambar 3. ICN 2016 (Dokumen Pribadi).

           
Aidil Andani Ismail adalah delegasi ICN yang ramah, energik, baik, juga berprestasi. Pria kelahiran 29 April 1996 dari Jurusan Management Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Tanjungpura ini sudah melanglang buana mengharumkan nama Universitas Tanjungpura. Beberapa prestasi Aidil Andani yang “Go National and International” diantaranya; ia pernah dinobatkan sebagai delegate of Indonesian Culture and Nationalism 2016, delegate of Indonesian Youth Conference from province of West Kalimantan, Indonesian Representative of Young Southeast Asian Leaders Initiative 2016, ASEAN ambassador 2017. Berawal dari kekaguman akan prestasi salah satu mahasiswa jebolan dari Universitas Tanjungpura ini, membawa saya menelusuri lebih banyak dan mencari tahu tentang prestasi dan pengabdian Universitas Tanjungpura untuk membangun negeri. Jejak penelusuran pun saya mulai dengan teknik tanya jawab (wawancara) dan teknik searching menggunakan fasilitas internet.

Gambar 4. Aidil Andani (Nomor 2 dari Kiri) & Dewi Nur Halimah (Nomor 1 dari Kanan) (Dokumen Pribadi).
Gambar 5. Sosok Aidil Andani (Instagram Aidil Andani).

           
Universitas Tanjungpura merupakan universitas yang berlokasi di Pontianak. Universitas Tanjungpura ini dulunya bernama Universitas Daya Nasional pada tahun 1959. Lalu berganti nama menjadi Universitas Negeri Pontianak pada tahun 1963 dan berubah nama menjadi Universitas Dwikora pada tahun 1965, kemudian berganti nama menjadi Universitas Tanjungpura pada tahun 1867 hingga sekarang. Universitas Tanjungpura (UNTAN) ini telah memiliki 9 Fakultas yakni Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Kehutanan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), dan Fakultas Kedokteran.    Universitas Tanjungpura (UNTAN) ini juga telah memiliki 4 program pendidikan yakni program sarjana, program pascasarjana, program diploma, dan program internasional.  
Sejak berdirinya Universitas Tanjungpura, UNTAN ini telah meluluskan ribuan sarjana dari seluruh penjuru pelosok negeri. Bukan hanya itu, UNTAN ini juga telah meluluskan banyak lulusan pascasarjana melalui program profesi dan program doktor. Beberapa prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Tanjungpura diantaranya; menjuarai lomba karya tulis nasional beberapa kali, menjuarai lomba MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an) Nasional, menjuarai lomba Kejuaraan Olahraga Nasional (Kejurnas), terpilih sebagai delegasi YSEALI, menjuarai olahraga cabang dayung nasional, menjuarai lomba Wirausaha Muda Mandiri (WMM) nasional, dan sederet prestasi lainnya. Cara UNTAN mencerdaskan anak bangsa adalah dengan mencetak generasi emas bangsa Indonesia serta mencetak generasi terdidik dan terlatih dengan meluluskan para sarjana maupun pascasarjana sehingga mampu beradaptasi dan berkompetisi di dunia kerja.
Adapun pengabdian yang dilakukan Universitas Tanjungpura untuk turut serta membangun negeri yaitu dengan melepaskan para mahasiswa untuk melakukan pengabdian masyarakat melalui kegiatan KKN (Kulian Kerja Nyata). Selain itu dalam pelaksanaan pengabdian, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPKM) UNTAN bersinergi dengan fakultas yang ada di lingkungan UNTAN agar terbentuk keseragaman prosedur dan terbentuknya pusat data penelitian dan pengabdian yang terorganisir dan dapat diakses oleh seluruh civitas akademika. Di samping itu, pengabdian mahasiswa juga dilakukan melalui Program Kreativitas Mahasiswa – Pengabdian (PKM-M). UNTAN juga melakukan kerjasama dengan masyarakat dengan cara melakukan penelitian yang kemudian diaplikasikan oleh masyarakat untuk membantu mensejahterakan masyarakat. Pengabdian melalui penelitian, pengajaran, dan inovasi para pendidik dan mahasiswa UNTAN ini diharapkan dapat menjadi wujud nyata kontribusi nyata untuk membangun negeri.     
  
              

1 komentar :

Amouy mengatakan...

Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif : arena-domino.net
100% Memuaskan ^-^