HALIMAH BINTI MASDARI

Rabu, 09 Agustus 2017

KHASIYAT AYAT KURSI

KHASIYAT AYAT KURSI
*****
Kitab Khozinatul Asror halaman 125-126
*****
PART I
*****   
  

            
                   Beberapa khasiyat ayat kursi diantaranya:
1.  Apabila dibaca di rumah rutin setiap malam hari dapat digunakan untuk mengusir setan dari rumah. Hal ini karena salah satu sebab turunnya ayat kursi adalah untuk mengusir setan yang terlaknat.
2.   Ayat kursi merupakan ayat Al-Qur’an yang lebih agung-agungnya ayat di Al Qur’an (memiliki keagungan dibandingkan ayat-ayat yang lain).
3.      Allah tidak menciptakan langit, bumi, surga, dan neraka, tiada lain karena keagungan ayat kursi.
Dalam kitab Khozinatul Asror, Bab Sebab Turunnya Ayat Kursi disebutkan bahwasannya:
Diriwayatkan oleh Abi Mundir bahwasannya Rosulullah SAW berkata: “Diantara khasiyat ayat kursi, salah satunya adalah membantu memudahkan untuk memahami ilmu”. (termaktub dalam kitab Khozinatul Asror).
            Maksud dari hadits tersebut adalah  ayat kursi dapat berkhasiat sebagai perantara bagi seorang murid yang mengalami kendala menghafalkan pelajaran/ ilmu atau mengalami kesulitan memahami pelajaran/ ilmu, maka dengan membaca ayat kursi, Allah akan memudahkannya untuk menghafal atau memahami pelajaran dengan niatan yang lurus tentunya. Pada hakekatnya yang memberikan pemahaman adalah Allah SWT, sedangkan ayat kursi adalah perantaranya. Contoh lafal niatan saat membaca ayat kursi dengan tujuan membantu memahami ilmu:
            “Bibarokati ayat kursi, semoga Allah SWT (Dzat yang Maha Cerdas) memberikan kecerdasan padaku sehingga dengan barokahnya ayat kursi, aku dengan mudah dapat memahami dan menghafal pelajaran. Al-Fathekah. Lalu dilanjutkan baca ayat kursi”.
Diriwayatkan oleh Al Khotib dari Annas RA bahwa rosulullah SAW berkata: “Apakah kalian semua tahu bahwasannya ayat kursi adalah lebih agung-agungnya surat di dalam Al-Qur’an sebagaimana termaktub dalam kitab Daril Mansur”. (tertera dalam Kitab Khozinatul Asror).
Hadits tersebut menjelaskan betapa agungnya ayat kursi sehingga Allah menurunkannya karena ayat kursi memiliki keagungan yang luar biasa tentang penciptaan. Ayat kursi memiliki keagungan diantaranya sebagai sebab asal muasal diciptakannya langit, bumi, surga, dan neraka. Sungguh, Dialah Allah SWT…Rabb semesta alam yang Maha Agung yang menciptakan dunia dan seisinya, yang menciptakan akhirat, surga dan neraka.
Diriwayatkan oleh Al Haris bin Abi Umamah dari Al Hasan RA tertera dalam hadits Mursala bahwasannya Rosulullah SAW bersabda “Lebih utama-utamanya ayat dalam Al-Qur’an adalah surat Al-Baqoroh dan ayat yang berisi kebahagiaan (bungah-bungahe ayat) adalah ayat kursi sebagaimana termaktub dalam kitab Al-Itqon” (termaktub dalam kitab Khozinatul Asror).
Diriwayatkan oleh Ad-Dharimi dari Robi’ bin Abdillah Al Kala’i bahwasannya Rosulullah SAW berkata “Ayat Al Qur’an dari kitab Allah yang paling agung dari kitab Allah adalah ayat kursi yang jua disenangi dan sempat dijumpai oleh ummatku (Ummat Muhammad). Dan Rosulullah SAW jua berkata bahwa “surat Al-Baqoroh adalah gedungnya rahmad Allah SWT dari bawah arsy-nya Allah SWT” (termaktub dalam kitab Khozinatul Asror).  
Diriwayatkan oleh Abu Abid dan Ibnu Dharis dan Muhammad bin Nasir dari Ibnu Mas’ud RA bahwasannya Rosulullah SAW berkata “Sesungguhnya Allah SWT tidak menciptakan langit, bumi, surga dan neraka melainkan karena keagungan dari ayat di surat Al Baqoroh, khususnya ayat khursi” (termaktub dalam kitab Khozinatul Asror).
Diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Dharis dan Hakam dan Baihaqi dari Abi Daril Ghofur RA bahwa Rosulullah SAW berkata “Ayat yang agung yang menjelaskan tentang penciptaan adalah ayat kursi” (termaktub dalam kitab Khozinatul Asror).
Diriwayatkan oleh Sa’id bin Mansur dan Ibnu Dhoris dan Baihaqi dari Ibnu Abbas RA bahwa Rosulullah SAW berkata “Allah tidak menciptakan langit, bumi, tanah yang datar, dan gunung-gunung melainkan karena keagungan ayat kursi” (termaktub dalam kitab Khozinatul Asror).
 Diriwayatkan oleh Wake’ dan Haris dan Muhammad bin Nasir dan Ibnu Dhoris dari Hasan RA bahwasannya Rosulullah SAW berkata “Lebih utama-utamanya ayat Al Qur’an adalah surat Al-Baqoroh dan lebih agung-agungnya ayat Al-Qur’an adalah ayat kursi. Dan sesungguhnya setan akan pergi (meninggalkan) dari suatu rumah apabila rumah tersebut dibacakan surat Al-Baqoroh sebagaimana termaktub dalam kitab daril mansur” (termaktub dalam kitab Khozinatul Asror).
Keutamaan Ayat Kursi (www.risalah.net).

             Berdasarkan hadits-hadits di atas menunjukkan bahwa ayat kursi memiliki keagungan yang luar biasa bagi hamba yang melafalkannya. Sebab dasar asal mula penciptaan langit bumi beserta isinya adalah ayat kursi. Sungguh Dialah Allah, yang Maha Menciptakan dunia beserta isinya. Namun perlu digarisbawahi, jangan sampai terjadi kesalahpahaman bahwa Ayat kursi memiliki kekuatan. Kembali pada tauhid, bahwasannya tiada kekuatan melainkan dari Allah. Jadi yang dapat mengusir setan adalah Allah SWT melalui pembacaan ayat kursi, sehingga dalam hal ini ayat kursi adalah perantara/ alatnya. Sebagaimana yang dapat memberikan kepaham seseorang terhadap pelajaran/ ilmu adalah Allah SWT, sedangkan membaca ayat kursi adalah jalan perantaranya agar Allah mempermidah kita dalam menghafal/ memahami pelajaran.
Demikian yang dapat penulis sampaikan. Penulis haturkan terimakasih kepada Al Mukharom KH. Muharror Ali selaku kiahi peulis yang senantiasa mengajarkan Kitab Khozinatul Asror pada santri dan santriwati PP. Khozinatul Ulum Blora, sehingga dengan belajar melalui mendengarkan sambil mengartikan kitab Khozinatul Asror (ma’nani kitab Khozinatol Asror) yang disampaikan KH. Muharor Ali, penulis dapat menyampaikan apa yang beliau sampaikan. Semoga Allah SWT senantiasa mengagungkan Romo Kiahi Muharror Ali, melimpahkan rizki yang halal dan berkah, serta nikmat kesehatan dan panjang umur pada beliau. Aamiin. Segala kebenaran datangnya dari Allah SWT dan segala kesalahan dalam penulisan ini datangnya dari penulis. Mohon doanya, semoga penulis bisa menjadi insan yang lebih baik. Saat ini, setelah penulis menyelesaikan program sarjana dari Universitas Diponegoro (Semarang), penulis sempat kerja di Kediri dan Jakarta, lantas sekarang penulis memutuskan untuk nyantri (sedang berusaha untuk memperbaiki akhlak dan menimba ilmu untuk memperdalam ilmu agama sebab ilmu agama yang akan menjadi bekal penulis di kehidupan yang abadi nanti (kehidupan akherat). Mohon doanya semoga penulis mendapatkan ilmu yang berkah dan senantiasa bermanfaat, serta menjadi santri yang berhasil dalam menimba ilmu serta tawadhu’. Tulisan ini tidaklah sempurna, sebab penulispun jua manusia yang tak luput dari dosa. Maka dari itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan untuk penulis pertimbangkan pada penulisan selanjutnya. Saran dan kritik: WA 085725784395/ email. halimahundip@gmail.com. Semoga bermanfaat.  
Tiada yang lebih utama dari sebuah ilmu yakni ilmu yang diamalkan dan dibagikan pada kaum muslimin lainnya. Maka atas setiap ilmu yang kau dapatkan, ajarkan pula pada yang lainnya sebagai jalan dakwahmu akan kebaikan sembari engkau amalkan.

REFERENSI:

Kitab Khozinatul Asror. Bab Sebab Turunnya Ayat Kursi.             

Tidak ada komentar :