HALIMAH BINTI MASDARI

Jumat, 20 November 2015

PMI Berikan Solusi dengan Peduli dan Bantu Sesama

PMI Berikan Solusi dengan Peduli dan Bantu Sesama   


            PMI (Palang Merah Indonesia)?..Apa sich yang ada dibenakmu ketika kamu mendengar kata PMI. Program untuk kegiatan kemanusiaan, program untuk donor darah atau program yang menggalang dana untuk membantu sesama umat manusia yang terkena musibah bencana. Well…disini akan saya jelaskan apa sich PMI itu? Apa kegiatannya? Dan bagaimana cara ikut berkontribusi bersama PMI. Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. PMI berpegang teguh pada tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan sabit merah yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan. Sampai saat ini PMI telah berada di 33 PMI Daerah (tingkat provinsi) dan sekitar 408 PMI Cabang (tingkat kota/kabupaten) di seluruh indonesia.
            Lalu apa kegiatan yang dilakukan PMI terkait dengan program kemanusian. Kegiatan yang dilakukan PMI (Palang Merah Indonesia) beragam jenisnya yang tergolong dalam kegiatan di bidang sosial kemanusian. Kegitan PMI terbagi dalam 3 hal:
  1. Kegiatan sebelum bencana (pre-disaster). Sebagai contoh: kegiatan sosialisasi pada masyarakat tentang langkah preventive dalam mencegah global worming, sosialisasi mencegah wabah penyakit AIDS “Jauhi Penyakit AIDS, Jangan Jauhi Orangnya”, dan lain-lain.
  2. Kegiatan saat bencana (disaster)
a.       Membuka posko dan penggalangan dana.
b.      Memberikan bantuan dan pertolongan pada para korban (mulai dari tindakan pertolongan pertama, evakuasi, pelayanan kesehatan, penampungan sementara, dan pembukaan dapur umum).
  1. Kegiatan pasca bencana (pasca disaster)
Kegiatan yang menjadi agenda Palang Merah Indonesia (PMI) diantaranya bakti sosial pengobatan gratis pada masyarakat, kegiatan donor darah keliling, penggalangan dana untuk korban bencana, dapur umum di lapangan saat terjadi bencana, pelayanan kesehatan, penyediaaan ambulans, pemberian santunan pada yatim piyatu, lansia dan purna bhakti, dan lain-lain. Kegiatan respon bencana yang diutamakan PMI meliputi evaluasi penyelamatan korban dan pertolongan pertama dengan memprioritaskan kaum rentan, seperti ibu hamil/menyusui, anak-anak, dan manula. Penanganan bencana yang dilakukan oleh PMI (Palang Merah Indonesia) ini meliputi beberapa unit, seperti: unit Assessment; unit medis (medical action team); unit ambulans; unit dapur umum lapangan; dunit distribusi bantuan bencana; unit penampungan darurat (shellter); unit pemulihan hubungan keluarga; serta unit fungsional pendukung operasional, yang terdiri atas administrasi, keuangan, humas, logistik, dan teknologi informasi.
Tahapan bantuan penanganan bencana PMI:
1.   Upaya tanggap darurat lapis pertama dilakukan di tingkat PMI Cabang, yang dapat membangun Posko Tanggap Darurat Bencana PMI Cabang atau Posko PMI Cabang dengan mendayagunakan unsur-unsur pengurus, staf, dan satgana/relawan. Untuk operasional tanggap darurat bencana berbasis masyarakat, khususnya di desa/kelurahan rawan bencana, PMI Cabang/PMI Ranting memobilisasi anggota TSR/PMI di tingkat desa/kelurahan serta anggota masyarakat terlatih binaan PMI dalam wadah Tim SIBAT (Siaga Bantuan Berbasis Masyarakat).
2.   Jika skala bencana melampaui kapasitas PMI Cabang setempat, PMI Daerah dapat diminta bantuan untuk mengkoordinir bantuan baik dari PMI Cabang lain di wilayahnya maupun pihak terkait lainnya. Bantuan ini merupakan upaya tanggap darurat lapis kedua. PMI Daerah dapat mendirikan Posko Tanggap Darurat Bencana PMI Daerah atau Posko PMI Daerah dengan mendayagunakan unsur-unsur seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya.
3.   Jika skala bencana melampaui kapasitas PMI Daerah setempat, PMI Pusat dapat diminta bantuan untuk mengkoordinir bantuan dari PMI Daerah lain maupun pihak terkait lainnya. Bantuan ini menjadi upaya tanggap darurat lapis ketiga. PMI Pusat dapat membentuk Posko Tanggap Darurat Bencana PMI Pusat atau Posko PMI Pusat.
4.   Jika skala bencana masih melampaui kapasitas PMI Pusat, sumber daya Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional dapat diminta bantuan ataupun pihak terkait lainnya di tingkat nasional maupun internasional. PMI sebagai organisasi sosial kemanusiaan diharapkan mampu memberikan pertolongan dengan cepat dan tepat demi mengurangi beban yang diderita korban bencana.
Adapun langkah yang dapat anda lakukan untuk turut berkontribusi dalam membantu menyukseskan kegiatan PMI (Palang Merah Indonesia) salah satunya dengan menyumbangkan dana ke PMI (Palang Merah Indonesia) untuk penggalangan dana bagi korban bencana. Adapun yang dapat anda lakukan dapat dilakukan dengan berdonasi pada “Bulan Dana PMI”. Untuk bantuan dana dapat ditransfer melalui bank-bank sebagai berikut:
  • Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin Nomo Rekening : 206-38-1794-5 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank MANDIRI Kantor Cabang Kramat Raya Nomor Rekening : 123-00-17091945 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.
  • Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda Nomor Rekening : 101-03-17094-7 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

Selain berkontribusi dengan berdonasi pada rekening yang tersebut pada bank-bank diatas, anda juga dapat berkontribusi dengan mendonorkan darah anda di PMI. Pernyataaan “give blood give life” bukanlah sembarang pernyataan. Dengan mendonorkan darah anda, berarti anda telah menyelamatkan nyawa seseorang dari kematian. Suatu kebahagiaan bagi anda para pendonor darah, darah anda menyelamatkan sesama, pertolongan Tuhan mengalir melalui setetes darah yang anda donorkan. Doa akan kebaikanpun kian mengalir untuk anda dari resipien maupun keluarga resipien yang membuat hidup anda lebih berkah dan bermakna. Ayo peduli bantu sesama dengan berkontribusi menjadi relawan PMI, pendonor darah untuk kegiatan PMI maupun donatur penggalangan dana ke PMI untuk korban bencana.

Referensi:





            

Tidak ada komentar :