HALIMAH BINTI MASDARI

Selasa, 27 April 2021

TRAVELLING, HOBI BARU SEJAK JENUH SKRIPSI

TRAVELLING, HOBI BARU SEJAK JENUH SKRIPSI

*****

Oleh: Dewi Nur Halimah


Hallo perempuan Indonesia 🖐️🖐️🖐️. Bagaimana kabarnya?. Semoga kalian semua dalam keadaan sehat wal'afiat. Aamiin. Well, berbincang soal hobi. Setiap orang tentu memiliki hobi. Hobi dibedakan menjadi 2 yakni hobi lama dan hobi baru. Hobi lama yakni hobi yang dimiliki seseorang sejak ia masih kecil atau belia. Hobi baru yakni hobi yang baru dimiliki ketika seseorang mengalami keadaan kondisi tertentu yang kemudian hobi baru ini berkelanjutan.

Bercerita soal skripsi, skripsiku dulu keren, ganti judul sampai 3 kali 😂😅. Bayangin saja, pertama mau ambil riset di Eijkmen di Jakarta Pusat. Sudah menunggu 6 bulan, sudah ke Jakarta 2 kali. Eh malah Profesor yang menjadi pembimbingku pergi menjalankan tugas ke London lanjut ke Amerika. Kalau aku menunggu beliau, yang ada aku tidak lulus-lulus dan menjadi mahasiswa abadi. Alhasil setelah menunggu 6 bulan tidak jelas, akhirnya aku pindah penelitian di Laboratorium Tumbuhan mengambil topik paska panen. Sudah bikin proposal, revisi 4 kali hingga ACC. Qodarullah pas hari H seminar proposal. Penguji dan pembimbing sepakat judul minta diganti, katanya terlalu mudah bagi saya yang mawapres (Mahasiswa Berprestasi) untuk membahas topik biokimia paska panen. Duh ya rabb, kenapa minta ganti judul tidak waktu awal bimbingan. Sudah revisi 4 kali, sudah ACC, hari H seminar disuruh ganti gegara dianggap terlalu mudah. Nyeseg dan pengen nangis saat itu serasa kayak mental diuji. Terakhir aku pun ganti judul untuk ketiga kalinya mengangkat uji protein sabun porang. Masya Allah benar-benar menguji mental. Di saat stress-stressnya ganti judul 3 kali setelah 4 kali revisi dan 1 kali ACC untuk tiap judul. Akhirnya setiap kali mumet saya jalan-jalan touring ke tempat wisata bersama sahabat saya.

Alhamdulillah setelah otak refresh, saya dapat fokus dan lulus tepat 4 tahun pas, tidak kurang dan tidak lebih walaupun ganti judul skripsi sebanyak 3 kali. Dalam semester 7 dan 8 saya lemburan, semester 7 mengurus judul skripsi pertama yang gagal penelitian di Eijkmen setelah 6 bulan menunggu karena ditinggal Professor Pembimbing tugas di LN. Semester 8 ganti judul 2 kali. Judul terakhir berhasil saya selesaikan selama 1 bulan, sudah termasuk revisi 4 kali dan ACC untuk proposal selama seminggu, lembur kejar tayang. 2 minggu untuk penelitian. Dan 1 minggu untuk sidang akhir hasil penelitian. MasyaAllah gebutan banget dan luar biasa. Sering tidur telat hingga larut malam, lembur di depan leptop kalau malam. Lembur di Laboratorium kalau pagi hingga sore. Mata panda adalah hiasan terindah kenangan skripsweat wkwk.

Nah buat refresh otak setelah lemburan terus, travelling adalah wisata otak biar fresh lagi. Kebiasaan jalan-jalan, touring, muncak, mantai, ke taman, dll itu berkelanjutan sejak 2016 hingga saat ini. Terlanjur nyaman dan menemukan kedamaian, makanya berlanjut hingga saat ini.

@bloggerperempuan

#BPNRamadan2021

#bloggerperempuan

#Ramadan2021

#BerkahRamadan

#Challenge30HariRamadan

#ChallengeRamadanKe-16

Tidak ada komentar :