HALIMAH BINTI MASDARI

Kamis, 06 September 2018

AYO GUNAKAN SURABAYA BUS UNTUK KURANGI KEMACETAN LALU LINTAS DI JALAN RAYA!



AYO GUNAKAN SURABAYA BUS UNTUK KURANGI KEMACETAN LALU LINTAS DI JALAN RAYA!     
*****
Oleh: Dewi Nur Halimah, S.Si
Email: halimahundip@gmail.com, (Phone/ WhatsApp). +6285725784395
*****
 
Gambar 1. Surabaya Bus.
    Dewasa kini, jumlah pengguna kendaraan pribadi meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Akibatnya pengguna transportasi umum berkurang karena banyak pengguna transportasi umum beralih menggunakan kendaraan pribadi. Sebagai dampaknya, kemacetan lalu lintas sering terjadi di jalan raya, bahkan tak jarang angka kecelakaan lalu lintas pun juga meningkat seiring semakin banyaknya jumlah kendaraan yang memadati lalu lintas.
          Berdasarkan data dari Mabel Polri, jumlah kendaraan yang terdaftar di Indonesia per tanggal 1 Januari 2018 mencapai 111 Juta, atau tepatnya 111.571.239 unit kendaraan. Angka tersebut termasuk jumlah sepeda motor yang memberikan kontribusi terbesar sebesar 82% atau 91.085.532 unit sepeda motor. Menyusul Mobil Pribadi dengan kontribusi 12% atau sebanyak 13.253.143 unit mobil. Sisanya kontribusi dari Mobil Bus, Mobil Barang, dan Kendaraan Khusus.
Gambar 2. Jumlah Kendaraan Per Pulau
(Source: Mabes Polri, Last Update 1 Januari 2018).

Gambar 3. Jumlah Mobil Tiap Pulau
(Source: Mabes Polri, Last Update 1 Januari 2018). 
          Data tersebut menunjukkan bahwa populasi mobil pribadi terbesar terdapat di pulau jawa yakni mencapai hampir 72% dari jumlah mobil Nasional.
Gambar 4. Jumlah Sepeda Motor Tiap Pulau
(Source: Mabes Polri, Last Update 1 Januari 2018).
          Data di atas memberikan informasi bahwa pengguna sepeda motor terbanyak terdapat di pulau Jawa dengan menyumbang 62% dari total pengguna sepeda motor nasional.
Gambar 5. Jumlah Kendaraan Tiap Provinsi di Indonesia
(Source: Mabes Polri, Last Update 1 Januari 2018).
Data di atas menunjukkan bahwa provinsi dengan jumlah mobil terbanyak adalah Metro Jaya (Jakarta), sedangkan provinsi dengan jumlah sepeda motor terbanyak adalah Jawa Timur. Mengatasi permasalahan lalu lintas di Jawa Timur yang semakin padat, terlebih Jawa Timur merupakan provinsi dengan jumlah sepeda motor terbanyak di Indonesia, maka Dinas Perhubungan Kota Surabaya meluncurkan “SURABAYA BUS” sebagai transportasi umum yang membantu masyarakat sekaligus mengurangi angka padat kendaraan di jalan raya, khususnya di kota Surabaya.
Berdasarkan pengamatan penulis, Surabaya Bus ini memiliki banyak keunggulan. Beberapa diantaranya yaitu:
1.      Jam operasi Surabaya bus mulai pukul 06.00 hingga pukul 22.00
Jarang sekali kan menemukan transportasi umum hingga malam hari, terlebih hingga pukul 10 malam. Nah, Surabaya Bus ini beroperasi mulai pukul 6 pagi hingga 10 malam. Lebih enaknya lagi, Surabaya Bus dilengkapi aplikasi GoBis untuk melihat jadwal kedatangan bus di setiap halte, asal dan tujuan, hingga posisi bus berada. Jadi masyarakat tak perlu kawatir tidak mendapatkan transportasi umum bila pergi malam hari di Surabaya asalkan tidak melewati pukul 10 malam.
2.      Kapasitas penumpang banyak dan ada pemisah antara area laki-laki dan perempuan
Penumpang tak perlu kawatir tidak mendapatkan bus karena tidak muat karena kapasitas Surabaya Bus ini terbilang besar dengan kapasitas 67 orang. Kabar gembiranya lagi, ada pemisah antara area laki-laki dan perempuan. Nah tujuan pemisah area laki-laki dan perempuan adalah untuk menghindari atau meminimalisir terjadinya pelecehan seksual terhadap perempuan di dalam bus yang dilakukan oleh laki-laki.
3.      Fasilitas keamanan mumpuni
Banyak sekali kasus kejahatan di dalam transportasi umum, sehingga banyak yang beralih menggunakan kendaraan pribadi. Untuk memulihkan kembali kepercayaan masyarakat pada transportasi umum, Surabaya Bus ini dilengkapi dengan fasilitas keamanan untuk penumpang. Suroboyo Bus dilengkapi dengan 12 kamera CCTV pada bagian dalam dan 3 kamera CCTV yang disematkan pada bagian luar. Keberadaan kamera-kamera ini bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi penumpang. Pintu bus juga dilengkapi sensor sehingga jika ada penumpang yang menghalangi, pintu tidak akan tertutup dan bus tidak akan berjalan.  Surabaya Bus memiliki lebar 2,4 meter dan panjang 12 meter ini dilengkapi tombol darurat jika terjadi kebakaran atau kecelakaan. Buat penumpang, tidak perlu kawatir lagi karena Surabaya Bus hadir dengan fasilitas keamanan yang mumpuni dan teknologi yang canggih.
4.      Surabaya Bus juga ramah pada penyandang difabel, lansia, dan ibu hamil
Surabaya Bus dilengkapi dengan tombol khusus. Jika tombol khusus yang berada di dekat pintu masuk ini dipencet, asisten pengemudi akan membantu penyandang difabel masuk ke dalam bus. Selain itu penumpang dengan penyandang difabel, lansia, dan ibu hamil juga lebih diprioritaskan untuk mendapatkan tempat duduk. Suroboyo bus didesain low entry (tinggi pintu masuk yang rendah) yang mana ketinggian pintu sejajar dengan pedesertian.
5.      Bisa bayar tiket bus dengan sampah
Hal yang menarik dan unik dari Surabaya Bus adalah penumpang tidak perlu membayar dengan uang, melainkan membayar dengan sampah plastik. Penumpang yang akan naik harus membawa 5 botol ukuran tanggung, 3 botol besar, 10 gelas air mineral, kantong plastik (kresek) dan kemasan plastik. Sedangkan bagi penumpang yang tidak ingin membawa sampah plastik, dapat menukarkan jenis-jenis sampah di bank sampah, drop box halte dan drop box terminal Purabaya yang telah bekerjasama dengan DKRTH. Lalu, sampah tersebut ditukarkan dengan kartu setor sampah untuk ditukar dengan tiket. Setelah mendapatkan tiket, penumpang bebas berkeliling kota Surabaya selama 2 jam grastis hehe. Menarik bukan??.
Nah buat warga yang berada di kota Surabaya, ayo gunakan Surabaya Bus dan dukung pemerintah Jawa Timur untuk mengurangi tingginya angka kemacetan lalu lintas serta tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Jawa Timur. Tunggu apalagi coba, sudah ramah lingkungan; ramah penyandang difabel, lansia, dan bumil, sudah gitu keamanan penumpang juga lebih terjamin pula. Surabaya Bus hadir dengan multi solutif yakni solusi mengurangi kemacetan lalu lintas, solusi mengatasi sampah, dan solusi mengurangi tingginya kecelakaan lalu lintas. Pokoknya keren dah, yuk masyarakat kota Surabaya dan warga yang berada di Kota Surabaya kalau kemana-mana di sekitar wilayah Surabaya beralih menggunakan Surabaya Bus. Pas di hati, pasti nyamannya, Surabaya Bus saja… J hehe.  

Referensi Data Jumlah Kendaraan :
Mabes Polri. 2018. “Jumlah Kendaraan Per Pulau” dalam “Wow Jumlah kendaraan mencapai 111 Juta di Tahun 2018”. Available at: https://paryadi.com/2018/01/16/jumlah-kendaraan-2018/. Diakses Tanggal 6 September 2018.

#SurabayaBus
#Suroboyobusfans
#DishubSurabaya

Tidak ada komentar :