HALIMAH BINTI MASDARI

Rabu, 05 September 2018

ASUS, LAPTOP ANDALAN UNTUK SELESAIKAN PEKERJAAN


ASUS, LAPTOP ANDALAN UNTUK SELESAIKAN PEKERJAAN
*****   
Oleh: Dewi Nur Halimah, S.Si
Email: halimahundip@gmail.com, PH. 085725784395
*****
 
Gambar 1. Tampilan depan laptop ASUS Vivobook Flip TP410.
Berbicara soal tulis-menulis, tentu tidaklah lepas dengan laptop. Keberadaan laptop sangat membantu untuk proses pengetikan, layout, dan editing. Perkenalkan, namaku Dewi Nur Halimah, seorang penulis sekaligus seorang guru di yayasan pondok pesantren. Ngomong-ngomong soal laptop, laptop adalah kebutuhan primerku sebagai seorang penulis. Di sini aku akan bercerita sedikit untuk mengulas tentang laptop yang setia menemaniku menulis selama sekitar 6 tahun sampai saat ini. Merk laptopku adalah ASUS, aku membelinya pada bulan November tahun 2012, tepatnya ketika awal masuk kuliah. Ya, aku adalah alumni mahasiswa S-1 Biologi Angkatan 2012, Universitas Dipoenegoro, Semarang.
Mengapa ketika awal membeli laptop aku memutuskan membeli laptop dengan merk ASUS, tidak merk yang lain saja?. Hal itu lantaran aku melihat laptop teman sekamarku (Meidia) juga bermerk ASUS. Ada suatu kejadian, dimana Memei (sapaan akrabku dengan Meidia) agak teledor, laptopnya ditaruh di meja di bagian agak tepi dan tak sengaja tersentuh temannya hingga terjatuh ke lantai keramik yang sangat keras. Saat itu dia panik, shock, kawatir kalau hardware laptopnya rusak atau malah tidak bisa digunakan karena benturan keras saat jatuh di lantai. Subhanallah, ternyata menakjubkan, kualitas ASUS memang OKE. Laptop Memei masih bisa digunakan dengan baik dan tidak ada kerusakan hardwarenya.
Laptop Memei bukan sekali jatuh, tapi 2 kali terjatuh. Pertama terjatuh karena kesenggol teman dari meja hingga ke lantai dengan jarak meja dan lantai sekitar 1 m. Kedua, saat akan berangkat ke kampus, Memei kan biasanya pergi menggunakan sepeda motor, nah laptopnya diletakkan diatas jok sepeda motor meticnya, ternyata tanpa sengaja terjatuh di lantai. Kembali ia panik, gugup, dan kawatir laptopnya rusak bahkan tak bisa digunakan karena ini kedua kalinya terbentur sebab jatuh ke lantai. Alhamdulillah, puji syukur laptop Memei tidak apa-apa. Dari melihat dua kejadian terjatuhnya laptop Memei ke lantai, namun tidak ada kerusakan hardware maupun software, maka aku memutuskan untuk membeli laptop ASUS. Aku menarik kesimpulan dari kejadian Memei yang laptopnya terjatuh ke lantai 2 kali tetapi masih dapat digunakan dengan baik tanpa error, itu artinya kualitas ASUS memang bagus dan tidak diragukan lagi. Kalau kualitas tidak bagus, tentu sudah rusak parah apalagi terbentur lantai.
Gambar 2. Saya sedang mengetik dengan laptop ASUSku (2018).

Aku pun sudah membuktikannya, ternyata laptop ASUS memang mantab, tahan lama, dan kualitasnya OKE. Aku membeli laptop ASUS sejak November 2012, alhamdulillah hingga saat ini masih bisa digunakan dengan lancar. Laptop ASUS-ku adalah teman setiaku menyelesaikan tugas-tugasku. Bagaimana tidak, sejak kuliah aku adalah aktivist lomba hehe. Jadi hampir tiap malam ngelembur berjam-jam dengan laptop, hanya untuk menulis proposal LKTI, naskah esai, artikel, puisi, cerpen, dan buku. Bukan hanya itu, laptop ASUS-ku ini juga yang menemaniku menyelesaikan skripsi hingga revisi berkali-kali sebagai syarat untuk mencapai gelar S.Si (Sarjana Sains) di Universitas Diponegoro. Ya, aku menyelesaikna studiku di bangku perkuliahan tepat selama 4 tahun dari 2012 hingga 2016. Pokoknya laptop ASUS-ku adalah sahabat setiaku selama kuliah hingga masa pasca kuliah (alias dunia kerja). Semasa di bangku perkuliahan, laptop ASUS-ku adalah teman setiaku mengerjakan tugas kuliah, proposal dan laporan PKL, proposal dan laporan KKN terlebih aku adalah sekretaris umum KKN, dan teman setia untuk event-event lomba menulis, serta membantu penyelesaian skripsiku dengan baik.
Gambar 3. Tampilan Depan Laptop ASUSku (2018, setelah sekitar 6 tahun pemakaian).

Gambar 4. Informasi Mengenai Laptop ASUSku.

Paska kelulusan, mulai 2016-2017 aku bekerja di perusahaan. Dan lagi-lagi laptop ASUS-ku ini adalah teman setiaku menyelesaikan pekerjaanku. Ia tanpa letih selalu menemaniku tiap malam membuat PPT Product Knowledge untuk esoknya aku presentasikan pada client dan membuat file-file penting tugas kerja. Tahun 2017 aku memutuskan resign karena Ibuku memintaku untuk bekerja di lingkungan dekat rumah sekaligus belajar agama di pesantren untuk menambah wawasan pengetahuan agamaku sebagai bekalku membangun kekuarga dan bekal kehidupan akheratku. Akhirnya aku memutuskan resign dan memilih bekerja sebagai guru di yayasan MTs di pondok pesantren sembari mondok di pesantren (bermukim di pesantren). Kupilihlah PP. Khozinatul Ulum Blora sebagai tempatku mengajar sekaligus mengaji. Jadi selama pagi hingga siang hari aku mengajar anak-anak Madrasah Tsanawiyyah (MTs) dan malamnya aku mengaji.
Lagi-lagi laptop ASUS-ku ini adalah sahabat setiaku selama menjadi guru. Ia menemaniku membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Silabus, Prosem (Program Semester), Prota (Program Tahunan), membuat soal-soal UTS, dan menemaniku meng-input data penilaian menggunakan sistem K13 yang super njelimet dan ruwet. Pokoknya, alhamdulillah banget keberadaan laptop ASUSku meski sudah 6 tahuan, masih sangat membantuku. Ini nih keunggulan laptop ASUS berdasarkan pengalamanku menggunakan laptop ASUS hingga 6 tahun:
1.      Harga terjangkau
Selain karena faktor based on Memei’s experience, alasan lain mengapa aku membeli laptop ASUS saat awal kuliah adalah karena harganya terjangkau sesuai dengan kantong. Kebetulan kan aku beli laptop dari hasil sendiri, bukan pemberian orangtua. Jadi bisa membeli laptop dengan harga terjangkau itu sangat menyenangkan bagiku.
2.      Tahan lama dan awet
Terbukti dari pengelaman Memei yang laptop ASUS-nya dua kali terjatuh di lantai tapi masih bisa digunakan dengan baik tanpa error. Bukan hanya itu, laptop ASUSku juga keren. Hampir tiap malam kupakai lembur menulis karena hampir tiap malam aku menulis, entah menulis tugas guru maupun menulis esai, artikel, puisi, cerpen, dan bukuku. Alhamdulillah buat ngelembur berjam-jam tetap OKE.
3.      Kapasitas penyimpanan data besar
Sebagai penulis, sudah pasti membutuhkan laptop dengan kapasitas penyimpanan data yang besar apalagi bila tiap hari aktif menulis. File-file yang kumiliki itu puluhan ribu karena hampir tiap hari aku menulis karya sastra baik puisi, esai, artikel, cerpen, maupun buku dan tugas-tugas guru. Namun laptopku tidak pernah ngehang. Teruji bahwa laptop ASUS itu keren.
4.      PDF Converter otomastis
Nah enaknya lagi menggunakan laptop ASUS itu, kalau mau mengubah file dari word ke PDF tak perlu download dan install PDF converter ataupun menggunakan PDF Converter online, cukup open file word yang pengen diubah ke PDF. Setelah file terbuka, klik save as, pilih save as PDF. Udah deh, selesai tanpa ribet install ataupun koneksi internet (PDF Converter Online). Mengapa PDF Converter itu penting?. Karena beberapa event mensyaratkan file yang dikirim harus dalam bentuk PDF. Kalau nggak bisa save as PDF otomatis kan puyeng, perlu install dulu lah atau hubungin ke koneksi internet untuk akses PDF Converter Online hehe.

Nah berdasarkan pengalaman-pengalamanku menggunakan laptop ASUS, aku merasa puas dengan laptop ASUS. Laptop ASUS itu….tahan lama, awet, kapasitas penyimpanan besar, tidak mudah ngehang, dan pelayanan softwarenya selalu update mengikuti perkembangan teknologi. Karena kepuasanku atas pelayanan ASUS dan kualitasnya yang mumpuni, in syaAllah besok-besok lagi kalau aku ada rizki pengennya beli laptop ASUS hehe, soalnya sudah ngebuktikan sendiri kualitasnya. Pengennya kalau nanti beli, ya beli ASUS Vivobook Flip TP410, syukur-syukur dapat hadiah laptop ASUS Vivobook Flip TP410, malah alhamdulillah banget hehe.
Kenapa aku pengen banget pilih laptop ASUS Vivobook Flip TP410?. Karena dengan laptop ASUS Vivobook Flip TP410, kerja dan ide kreatifku pasti akan lebih maksimal dengan keunggulan-keunggulan yang dimilikinya. Laptop ASUS Vivobook Flip TP410 tipis dan ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. Laptop ASUS Vivobook Flip TP410 berfitur “NanoEdge sehingga memaksimalkan tampilan layar dan meminimalkan ukuran body laptop. Laptop ASUS Vivobook Flip TP410 dilengkapi dengan “Fingerprint Sensor” yang membantu pengguna sign-in dengan Windows 10 yang terinstalasi di dalam laptop hanya dengan sentuhan jari. Laptop ASUS Vivobook Flip TP410 memiliki tingkat keamanan yang lebih tingga dan sudah preinstall Windows 10. Bukan hanya itu, laptop ASUS Vivobook Flip TP410 juga bisa didisplay menjadi 4 mode yakni media stand, powerful laptop, responsive tablet, dan share viewer. Heemmm, keren kan hehe.  
 
Gambar 5. Tampilan depan Samping Kanan laptop ASUS Vivobook Flip TP410.

Gambar 6. Tampilan Depan Samping Kiri laptop ASUS Vivobook Flip TP410.

Gambar 7. Tampilan Belakang laptop ASUS Vivobook Flip TP410

Gambar 8. Tampilan Responsive Tablet dari laptop ASUS Vivobook Flip TP410 ketika dilipat.


Gambar 9. Tampilan Media Stand dari laptop ASUS Vivobook Flip TP410.


ASUS Laptopku Blogging Competition by uniekkaswarganti.com
#ASUSLaptopku
#2018GantiLeptopASUS