HALIMAH BINTI MASDARI

Selasa, 20 Maret 2018

ARTI SEBUAH KEPERCAYAAN DALAM SUATU HUBUNGAN


ARTI SEBUAH KEPERCAYAAN DALAM SUATU HUBUNGAN
*****
20 Februari 2018



Arti suatu kepercayaan dalam suatu hubungan itu sangat penting, terlebih hubungan jarak jauh (long distance). Godaan bagi pasangan yang menjalin hubungan long distance itu lebih berat daripada yang short distance. Bukan hanya terhalang jarak dan waktu yang membuat susahnya bertemu, tapi juga menjaga sebuah kepercayaan. Bila hubungan percintaan jarak dekat (short distance), kalau rindu bisa bertemu dan saling mengungkapkan rasa serta uneg-uneg di hati, berbeda halnya dengan hubungan long distance yang hanya bisa menyampaikan komunikasi by phone, mengirim letter by email, chattingan, inbox-an, atau bersosial media lainnya. Penyelesaian masalah dalam hubungan short distance juga lebih mudah karena dapat bertatap langsung serta mendengar klarifikasi penjelasan langsung dari pasangan bila terjadi kesalahpahaman. Lain halnya dengan mereka yang menjalin hubungan jarak jauh (long distance), ingin bertemu susah karena terhalang jarak, kalaupun diskusi hanya bisa dilakukan by phone atau melalui sosial media, menyampaikan klarifikasi pun bila terjadi kesalahpahaman hanya bisa by phone. Yang berat menjalani hubungan long distance itu bukan saja menahan rindu yang menghujam rasa tetapi juga menjaga kesetiaan dan kepercayaan.

Kesetiaan itu akan lebih diuji bila dalam sebuah hubungan long distance, pasangan terkesan dingin, acuh, cuek atau tak merespon komunikasimu. Engkau akan diuji dengan dihinggapi berbagai prasangka. Mulai dari kekawatiran berlebih akan keadaan dia di sana, akankah dia baik-baik saja? Sehatkah dia? Atau sedang ada masalah apakah dia sehingga ia tak sempat berkomunikasi denganmu walau sekedar menyapa (say hello), bercanda (kidding), atau sekedar memastikan bahwa kamu baik-baik saja?. Bukan hanya itu, sederet pertanyaan lain pun mengepul di otakmu, apalagi bila engkau menyaksikan dia online tetapi dia tak merespon chat/ pesan darimu. Sesibuk itukah dia, sehingga waktunya untukmu pun tak ada? Dia online mengapa tak membalas pesanmu, apakah dia sedang sibuk dengan clientnya (bila ia seorang wirausaha/ businessman/ konsultan/ pejabat) sehingga urusannya banyak dan mengesampingkanmu? Ataukah dia sedang bersama perempuan lain di sana?. Ah TIDAK…engkau berusaha meyakinkan dirimu bahwa itu hanya prasangka. Berdamailah dengan pikiranmu, memang menjaga kepercayaan jarak jauh tak mudah. Arti sebuah kepercayaan tak bisa dibeli dengan uang, namun bisa dijaga dengan saling memahami dan pengertian.
Bila hatimu dihinggapi perasaan yang tak karuan, jangan biarkan, klarifikasi dan mintalah penjelasan serta sampaikan dengan bahasa/ tutur kata yang penuh kelembutan agar pasanganmu pun bisa menerimanya dengan baik. Jangan biarkan prasangkamu terpendam, karena kumpulan prasangka yang terpendam akan meluap dan merusak suatu hubungan. Bila mulai ada hal yang kau resahkan, tanyakanlah dengan kelembutan karena keterbukaan dalam sebuah hubungan itu penting. Kesalahpahaman bisa diselesaikan dengan sebuah komunikasi. Kau perlu tahu bahwasannya kecurigaan yang dipendam tanpa diungkapkan dan tanpa mendapatkan klarifikasi dari pasangan dapat menyebabkan kesalahpahaman yang berkelanjutan hingga terjadilah retaknya suatu hubungan. Namun bila engkau telah meminta penjelasan dengan tutur katamu yang baik nan penuh kelembutan, namun dia juga tak meresponmu, bersabarlah.
Hal yang perlu engkau tanamkan ketika pasanganmu terkesan dingin dalam sebuah hubungan jarak jauh (long distance) adalah sebagai berikut:
a.       Cobalah cairkan suasana dengan engkau memulai komunikasi terlebih dahulu dengan memberikan perhatian padanya. Jangan sungkan untuk memulai sebuah percakapan bila itu sebagai sarana untuk menjaga sebuah hubungan. Tinggalkan gengsi, toh untuk kebaikan kalian selama hal yang kalian bahas adalah hal yang positif dan bermanfaat.
b.      Ketika kau sudah mengalah memulai mengirimkan pesan terlebih dahulu namun tidak direspon, tenangkan fikirmu, berdamailah dengan hatimu. Tarik nafas dalam-dalam, banyaklah berdoa agar hubungan kalian baik-baik saja. Lantas ketika hatimu sudah netral dan tidak dihinggapi emosi, mintalah penjelasan klarifikasi dari pasanganmu dengan bahasa yang lembut dan baik. Cobalah berikan pertanyaan, “Sayang, sesibuk itukah engkau sehingga engkau acuh padaku? Berilah waktumu untukku untuk menjaga hubungan kita tetap baik-baik saja. Semoga engkau baik-baik saja. Aku mencintaimu. Mengapa engkau tak meresponku, mengapa engkau tak membalasku, bisakah engkau beri alasan untukku?”.
c.       Yakinlah bahwasannya bila dia adalah orang yang benar-benar mencintaimu, dia juga akan memperjuangkanmu dan membalasmu untuk menjaga hubungan kalian tetap baik-baik saja karena kalian saling mencintai. Selesaikanlah segala sesuatu dengan kepala dingin dan musyawarah.
d.      Terakhir yang dapat engkau lakukan, ketika engkau sudah meminta penjelasan klarifikasi alasan mengapa dia tak meresponmu damun dia tetap tidak membalasmu atau acuh, cobalah berhusnudzan walau itu berat. Berhusnudzanlah seperti ini:
Ø  Mungkin dia sedang sibuk dengan pekerjaannya sehingga dia tak sempat berkomunikasi denganku. Toh kerjanya dia juga nanti buat diriku juga, semoga keberkahan menyelimutinya, semoga dia diberikan kesehatan, semoga dia diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menyelesaikan urusannya”.
Ø  Mungkin dia sedang ada masalah, sehingga dia fokus dengan masalah pekerjaan atau masalah yang sedang dia hadapi untuk mencari solusinya. Semoga dia diberikan kemudahan untuk menemukan setiap permasalahan pekerjaan yang dia hadapi. Dengan masalah yang dihadapinya, mungkin itulah yang membuatnya lupa untuk berkomunikasi denganku. Semoga dia di sana baik-baik saja”.
Atau bisa juga, dingin, acuh, bahkan diam itu pertanda ngambek atau cemburu yang terpendam. Dia kecewa terhadap dirimu, mungkin ada katamu yang membuatnya tersinggung, terluka atau bersedih. Bila iya demikian, segeralah minta maaf. Jangan gengsi untuk memulai untuk meminta maaf sekalipun kamu tidak salah, tidak apa mengalah bila itu untuk menjaga hubungan kalian tetap baik-baik saja. Bukankah dalam sebuah hubungan harus saling pengertian dan ada yang mau mengalah. Berkorbanlah untuk orang yang engkau cintai dan engkau sayangi.
Bukan hanya masalah acuh/ dinginnya salah satu pasangan jarak jauh yang terkadang tak merespon pesanmu atau tak berkomunikasi denganmu, hubungan jarak jauh (long distance) juga diuji lebih berat dengan kesetiaan. Terkadang saat situasi hubunganmu dengan kekasihmu melemah (memburuk), ada orang baru yang selalu ada di sampingmu, menghiburmu, memotivasimu, menginspirasimu yang tak jarang membuatmu merasa “Kog dia lebih perhatian dan peduli denganku ya daripada kekasihku?”. Bahkan tak jarang, saat-saat situasi hubungan kalian semakin memburuk, bisa pula dimanfaatkan oleh orang yang memang sejak lama mencintaimu namun engkau tak mencintainya untuk masuk ke dalam kehidupanmu dan mengambil kesempatan untuk mengambil hatimu sehingga engkau tersentuh, empati lalu mau menerimanya sebagai pengganti kekasihmu itu. Dewasalah dalam menyelesaikan sesuatu dan dalam suatu hubungan, bila ada masalah maka bicarakanlah, lalu musyawarahlah dan carilah solusinya.
Bila engkau ada masalah dengan kekasihmu, maka musyawarahkanlah dengan hati yang tenang dan kepala dingin agar hubungan kalian bisa diperbaiki dan kalian tetap baik-baik saja. Jangan justru kau pendam, kau lampiaskan dengan mencari kesenangan lain. Bukankah menjalin cinta berarti menjalin sebuah kepercayaan. Bahkan ketika kekasihmu tak ada (jarak jauh), engkau tetap menjaga komitmen dengannya bila engkau benar-benar mencintainya. Cinta berarti menjaga termasuk menjaga kepercayaan. Sekalipun di sini engkau mendapatkan banyak perhatian dari yang lain, hatimu akan teguh pendirian untuk menjaga cintamu hanya pada kekasihmu kecuali hubungan kalian telah berakhir, itu berbeda lagi. Jagalah cintamu dengan saling percaya, saling pengertian, saling memahami dan saling melengkapi kekurangan masing-masing.
Saat kalian berada pada hubungan jarak jauh, jangan sekali-kali engkau menghianati kekasihmu dengan berselingkuh sekalipun kesempatan berselingkuh itu ada. Bukankah cinta sejati adalah menjaga sebuah kepercayaan dan kesetiaan dalam satu cinta. Sekalipun banyak yang datang padamu dan menawarkan jalinan asmara, bingkailah hatimu bahwa cinta sejatimu hanyalah untuk kekasihmu seorang dan tiadalah engkau tega menyakitinya dan membuat air matanya terjatuh dengan sebuah penghianatan. Cinta berarti menjaga termasuk menjaga perasaan orang yang engkau cintai.

*****
Surat untuk para pasangan yang long distance agar hubungan cinta kalian tetap awet:
Kau tahu..
Dalam hubungan long distance
Yang berat itu bukan saja menahan rindu tapi juga menjaga kepercayaan
Bagaimana aku harus tetap percaya kamu, walau aku tak disampingmu?
Bagaimana aku harus mengerti kamu, walau aku tak melihatmu?
Bagaimana aku harus memahami keadaanmu, walau aku jauh darimu?
Aku memahamimu karena aku mencintaimu
Kau tahu…
Walau banyak godaan bagiku, hatiku akan tetap untukmu
Walau banyak cinta yang datang, hatiku hanya kuberikan untukmu
Sebagaimana setianya wanita tarim walau suaminya jauh karena bekerja di luar kota
Namun doa selalu menghiasi bibirnya untuk keselamatan suaminya
Cinta itu letaknya bukan  di mata, tetapi di hati
Bukan seberapa dekat engkau di mataku, tapi seberapa besar posisimu dihatiku
Cinta adalah menjaga, dan aku akan menjaga hatiku tetap untukmu
Cinta adalah saling memahami, maka akan kupahami engkau untukku
Cinta adalah mengerti, akan kumengerti penjelasan darimu
Jagalah hatimu tetap untukku sebagaimana aku menjaga cintaku hanya untukmu
Jagalah kesetiaanmu untukku sebagaimana aku setia menjaga cintaku untukmu
Bahkan saat rindu menghujam rasa…
Aku bagaikan  unta dipadang pasir yang kehausan nan kelaparan
Aku berusaha mengekangnya, menanti hujan di arena padang pasir
Kutepis semua raguku dan kawatirku karena aku mencintaimu
Rinduku bersemayam dalam qolbu
Kutulis asmaraku dalam bait doaku
Kupanggil kau dalam setiap tengadah tanganku
Dalam rintihan air mata doa di sepertiga malamku
Dalam sujudku memanggil Rabbku
Karena aku mencintaimu, akan kujaga hatiku untukmu
Semoga Tuhan menyatukan kita dalam tali cinta suci nan halal dan menjaga kesucian cinta kita
Ketika rinduku mencapai puncaknya
Namamu menjadi bait-bait dalam syairku
Cintaku padamu menjadi bait-bait puisiku
Kisahku menjadi prosa dan cerpen indahku
Dan perjalanan cintaku bersamamu kuabadikan dalam novel cintaku
Kusebut kau dalam sajadah cintaku
Di antara takbir dan tasbih cintaku
Memohon pada Rabb semesta alam agar menyatukan kita
Dalam bingkai cinta yang halal dalam mahligai cinta nan suci
Kupinta kau dua kali, agar aku bisa hidup bahagia bersamamu di dunia dan akherat
Mengarungi samudra kehidupan bersama dalam bahtera cinta kita



2 komentar :

Amouy mengatakan...

Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif : arena-domino.net
100% Memuaskan ^-^

Unknown mengatakan...

Sangat menyayat ga kuat bacanya, persis yg aku rasakan saat ini