Keindahan Wanita Memiliki Pesona
Tersendiri sebagai Objek Bisnis Fashion dan Kecantikan seiring Perkembangan
Zaman
Model Baju Terbaru (www.modelbajuterbaru.net). |
Mode Fashion Muslimah Terbaru (www.tokounik.info). |
Wanita merupakan makhluk Tuhan yang
tercipta dengan keindahan yang sangat mempesona lengkap dengan bentuk tubuh
yang menakjubkan hingga memiliki keunikan tersendiri. Berbicara soal wanita,
apa sich hubungannya wanita dengan dunia bisnis??. Perlu diketahui guys,
keberadaan kaum hawa ini memiliki potensi yang besar bagi para pebisnis sebagai
wahana untuk meraup profit. Mereka berlomba-lomba untuk berinovasi dalam
berkarya sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan wanita yang tiada habisnya. Bisnis
yang menyangkut kaum wanita memang tidak pernah membosankan. Sebagai contoh
adalah bisnis fashion dan kecantikan. Fashion dan kecantikan merupakan usaha yang
berpeluang besar untuk perempuan. Terlebih kebiasaan wanita yang tidak
segan-segan merogoh kocek yang cukup besar hanya untuk tampil cantik.
Kebutuhan dari ujung rambut hingga
ujung kaki pada tubuh kaum wanita, semua berpotensi untuk dikembangkan menjadi
bisnis. Baik di pasar kosmetik maupun dunia fashion, hal ini merupakan peluang
besar yang menjajikan keuntungan ekonomi bagi para pelaku usaha. Misalkan; pada
bagian rambut memacu para pemerhati kecantikan untuk berkarya membuat aneka
manik-manik penghias rambut seperti penjepit rambut, bando, kunciran, pita dan
lain-lain. Sedangkan bagi para produsen hijab, mereka berkreasi dengan
memamerkan produk hijab dengan aneka model, motif, kreasi, bentuk sehingga
menarik minat kaum hawa untuk membelinya. Yang demikian baru rambut, bagaimana
dengan kebutuhan anggota tubuh lainnya, tentu sangat menakjubkan bila diulas
satu persatu.
Adanya bentuk alis yang tak
sempurna, bulu alis yang tak merata, kurang melentik memacu para produsen
pencil alis dalam berkarya untuk memenuhi hasrat kaum hawa yang menginginkan
tampil sesempurna mungkin. Demikian halnya dengan wajah, para produsen
kecantikan bekerjasama dengan salon kecantikan berlomba-lomba menyajikan
penampilan yang indah dengan tampil cantik bagi kaum wanita, seperti penciptaan
maskara untuk memperindah bulu mata, eyeshadow untuk mempertegas bayangan mata
agar tampak indah, blasher untuk memperindah tampilan pipi menjadi merah
merona, krim untuk pencerah dan pemutih wajah, handbody untuk melembutkan kulit
serta kosmetik lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa wanita sangat teobsesi untuk
memperindah wajah agar tampak cantik meskipun harus mengeluarkan uang yang
cukup banyak dalam merawat wajah dan tubuh.
Pada
semester I tahun 2013, jumlah konsumen kosmetik justru meningkat seiring dengan
peningkatan harga kosmetik. Konsumsi kosmetik di wilayah urban (perkotaan)
tumbuh 9,4 persen dari Rp 554 miliar menjadi Rp 606 miliar. Sementara itu,
konsumsi di wilayah rural (pedesaan) meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan
perkotaan yaitu 27,5 persen dari Rp 64 miliar menjadi Rp 82 miliar. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian,
saat ini perkembangan industri
kosmetik Indonesia tergolong solid karena terjadi peningkatan penjualan kosmetik pada 2012 14% menjadi Rp
9,76 triliun dari sebelumnya Rp 8,5 triliun. Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (Perkosmi)
memperkirakan tahun ini penjualan kosmetik dapat tumbuh hingga Rp 11,22
triliun, naik 15% dibanding proyeksi 2012 sebesar Rp 9,76 triliun.
Tak
hanya memberikan dampak keuntungan ekonomi bagi para produsen kosmetik,
keinginan untuk tampil cantik juga memberikan rizki yang berlimpah bagi para
dokter yang memberikan pelayanan operasi plastik (oplast) untuk mempercantik
wajah kaum hawa. Tanpa ragu-ragu, kaum wanita ada yang nekad melakukan oplast
meskipun ia harus merogoh kocek yang sangat besar juga bertentangan dengan ajaran agama yang melarang keras merubah
bentuk tubuh. Selama sepuluh tahun terakhir, pembesaran payudara telah
disepakati merupakan prosedur bedah plastik terpopuler. Selama
sepuluh tahun terakhir, pembesaran payudara telah disepakati merupakan prosedur
bedah plastik terpopuler. Survei Global ISAPS mengungkapkan
tren baru dengan sedot lemak mewakili 18,8% dari semua prosedur bedah, disusul
pembesaran payudara 17%, dan blepharoplasty (pengangkatan kelopak mata atas
atau bawah) 13,5%, rhinoplasty (perbaikan bentuk hidung) 9,4% dan
abdominoplasty ("Tummy Tuck") 7,3%.
Data
statistik dari International Society of Aesthetic Plastic Surgeons (ISAPS) jua menunjukan
bahwa pada tahun 2011, sebanyak 15 juta orang di seluruh dunia yang melakukan
operasi plastik untuk meningkatkan penampilan mereka. Survei Global ISAPS juga
menetapkan beberapa statistik penting berkenaan dengan jumlah total ahli bedah
plastik bersertifikat dewan (atau setara nasional) yang berpraktek dewasa ini;
diperkirakan berjumlah 30.817. Jumlah total prosedur bedah diproyeksikan
8.536.379 dan jumlah prosedur non bedah diperkirakan 8.759.187 - sehingga
menambah jumlah total gabungan seluruh dunia prosedur bedah dan non bedah yang
dilakukan oleh ahli bedah plastik bersertifikasi dewan menjadi: 17.295.557.
Tak
jauh berbeda dengan bisnis kosmetik dan kecantikan, bisnis di dunia fashionpun
juga menjajikan keuntungan ekonomi yang menggiurkan untuk jangka panjang. Hasrat
wanita yang tak pernah bosan untuk melirik tren baru fashion mendukung para
desainer dan para pelaku usaha berlomba-lomba mengeluarkan produk fashion
keluaran terbaru mereka. Wanita selalu ingin tampil modis dan stylist mendorong
para desainer untuk terus berkreasi dalam memuaskan konsumen. Menurut research dari
Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) tahun 2013, fashion menduduki urutan
teratas barang yang paling sering dibeli (78%) lalu ada gadget 46% dan
elektronik 43%. Selain itu, data konsumen
tokopedia menunjukkan bahwa produk yang paling banyak dibeli konsumen adalah
produk kecantikan & kesehatan, lalu diikuti dengan pakaian, fashion &
aksesoris, dan gadget. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa
wanita adalah konsumen yang paling banyak berbelanja di Tokopedia dengan
persentase 66,28 persen, sedangkan jumlah pria yang berperan sebagai pembeli
adalah sebesar 33,72 persen. Tidak hanya berkontribusi sebagai pembeli, wanita
yang berjualan di Tokopedia juga mendominasi dengan jumlah 55,75 persen,
sedangkan pria berjumlah 44,25%. Hal ini menunjukkan dominasi wanita dalam
berbelanja dan berjualan secara online.
Data-data
tersebut menguatkan bahwa saat ini minat masyarakat terhadap fashion terus
meningkat. Tuntutan-tuntutan tentang perkembangan di dunia Fashion terus
berjalan seiring perputaran waktu dan kebutuhan. Tuntutan-tuntutan tersebut
tidak sekedar karya-karya busana, akan tetapi telah merambah ke seni,
pendidikan (education-entertainment/edu-tainment) dan ekonomi. Tiga komponen tersebut,
kini menjadi fenomena baru dalam perkembangan Fashion/mode. Salah satu tujuan
pengembangan Fashion Indonesia adalah mengupayakan peningkatan sinergi antara
pemerintah, pengusaha dan industriawan garmen di Indonesia dalam menentukan
arah dan rencana arah masa depan Indonesia di dunia Internasional guna
mengantisipasi kegagalan koleksi Fashion menuju pasar masa depan. Perkembangan
Fashion sangat cepat seiring perputaran waktu. Potensi berkembangnya industri
mode di Indonesia sangat besar, walaupun memang tidak mudah karena Fashion
adalah industri yang sangat ketat persaingannya sehingga pelakunya harus
berlomba-lomba menyebarkan informasi untuk menarik minat pembeli
sebanyak-banyaknya.
Rujukan:
Tidak ada komentar :
Posting Komentar