HALIMAH BINTI MASDARI

Senin, 29 Desember 2014

ANTARA AKU, DIA, DAN TUHAN


BIARLAH TUHAN YANG MENGATUR    
Description: D:\BACKUP USER C\kata motivasi\JODOH.jpg

Bagaimanakah perasaanmu ketika orang yang kau cintai mencintai wanita lain? Tentu sedih untuk beberapa waktu. Terlebih orang yang kau cintai perlahan demi perlahan menjauh darimu, meninggalkanmu tanpa alasan yang jelas. Bagaimana perasaanmu ketika orang yang kau cintai mengagng-ngagungkan kecantikan, keindahan, kecerdasan wanita lain?. Bagaiamana perasaanmu ketika orang yang kau cintai asyik tertawa bahagia dengan wanita lain dan meninggalkanmu ketika kau memperhatikannya.
            Sedih, tentu tak bisa dipungkiri sangatlah sedih. Dibanding-bandingkan itu menyakitkan, tapi entahlah mungkin itu cara dia mencintai kita untuk menguji kecemburuan kita ataukah menguji kesabaran kita. Bisa jadi pula karena ia sudah bosan denganmu sehingga beralih dengan yang lain. Namun yang perlu diketahui, dia bukanlah milikMu. Melainkan dia milik Allah, jadi terserah Allah mau memasangkan ia dengan siapa bukan?. Cukup latih hatimu untuk ikhlas, in syaallah Allah akan menggantikannya dengan yang lebih baik. Sesakit apapun yang terjadi, itupun atas izin-Nya, bersabarlah in syaallah Allah akan menggantimu dengan nikmat yang lain.
Terkadang kita tak sadar, bahwa siapakah yang Maha Berkendak?...bukankah itupun terjadi atas izin-Nya. Bukankah tiada satupun di dunia ini yang terjadi kebetulan melainkan atas izin-Nya, bahkan dau jatuhpun atas izinNya. Mungkin saja itu bagian dari ujian Allah untuk menguji kesabaranmu, seberapa sabar kau menghadapi kenyataan pahit yang tak sebanding dengan logikamu. Mungkin pula, Tuhan hendak mengajarkan arti bersyukur diatas kesedihan, karena walau sedih Tuhan masih menguatkanmu. Hal yang mungkin diluar nalar kita, terkadang kita mencintai sesuatu, namun ternyata Allah jauhkan hal itu dengan kita. Terkadang kita membenci sesuatu ataupun seseorang dan hal yang kita benci justru Allah dekatkan, disinilah mental kita diuji...seberapa sabar kita. Yakinlah, bahwa dibalik kesulitan Akan Allah hadirkan kemudahan...sehingga dibalik suatu masalah in syaallah akan ada solusinya.
“… Boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (Al Baqarah: 216).
Hal yang perlu diingat adalah...semua adalah atas kuasa Allah. Syukuri, jalani, dan cobalah ikhlaskan. Jika dia mencintaimu, maka dia akan kembali padamu atas izin-Nya. Jika ia tak mencintaimu maka ia akan pergi, cukup ikhlaskan hatimu. Bukankah, hakekatnya cinta sejati adalah kau turut bahagia melihat orang yang kau cintai bahagia dengan oranglain meskipun bukan denganmu. Yakinalah apapun yang Allah berikan adalah yang terbaik, tiada yang perlu kau sesali. Selalu doakanlah kebahagian untuknya jika kau mencintainya. Tak usah bersedih, bagaimana kau bersedih???...rahmad Allah teramat luas, in syaallah Allah berikan kebahagaan dengan yang cara yang lain.
Mungkin tanpa kita sadari, mata hati kita buta dan kita spontan terbawa emosi amarah. Hal itu wajar, namanya orang diperlakukan demikian pastilah sakit. Lalu untuk apa marah itu dipelihara, tersenyumlah. Kau tak akan tahu bahwa senyum adalah semangat barumu untuk menjalani hari-harimu. Senyum memberimu energi untuk bersemangat. Cerialah, karena dibalik malam akan hadir siang. Untuk apa marah berlama-lama, kau tahu betapa banyak mudharatnya marah. Marah berarti membuang ATP-mu secara sia-sia, telomermu cepat memendek, dan ebnergimu terkuras. Ketika marah, denyut nadi dan tekanan darah meningkat, begitu juga dengan level hormon, adrenalin dan noradrenalin.
  Ketika seseorang marah, maka salah satu bagian saraf yakni hypotalamic pituitary menjadi hiperaktif. Bagian hormon inilah yang kemudian melepaskan hormon stres yang disebut kortisol. Semakin banyak kortisol dikeluarkan, tekanan darah pun meningkat. Banyak sekali penyakit yang disebabkan karena kondisi emosional. Kemarahan merupakan sikap emosial yang menyebabkan meningkatnya hormon adrenalin sehingga mempercepat denyut jantung sampai 180/menit sehingga dapat meningkatkan tekanan darah. Selain mengeluarkan hormon adrenalin, orang yang sedang marah akan mengeluarkan hormon kortisol secara berlebihan akibatnya tubuh rentan terhadap peradangan dan nyeri otot jangka panjang.
Berdasarkan hasil penelitian yang diungkap pada Journal of the American heart association, dinyatakan bahwa ada keterkaitan antara marah dengan kesehatan jantung. Dalam jurnal tersebut ditegaskan bahwa orang yang amarahnya meleda-ledak akan mengakibatkan detak jantungnya tidak teratur (Atrial Fibrillation). Hal tersebut akan meningkatkan risiko penggumpalan darah menuju otak, sehingga berakhir dengan gejala stroke. Penelitian serupa juga dilakukan oleh Johns Hopkins School Of Medicine terhadap 1.300 laki-laki yang berusia menjelang 40 tahun. Dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa laki-laki yang mudah marah akibat stres ternyata lebih rentan atau berisiko terserang penyakit jantung tiga kali lebih besar.
Hapus air matamudan tersenyumlah...:)
Ø  Bukankah hakikat cinta yang sejati, kau turut bahagia ketika kau melihatnya bahagia meskipun dengan wanita lain? Meskipun dengan cara yang menyakitkan?
Ø  Berterimakasihlah padanya. Melalui jalan cinta padanya, sesungguhnya Tuhan telah mengajarkanmu arti cinta yang sesungguhnya. Jika kau cinta terhadap manusia segitu besarnya? Lalu...seberapa besar rasa cintamu pada-Nya?. Jika kau sering menangisi orang yang kau cintai karena kau teramat menyayangi dan mencintainya lalu kau berdoa dan memohon akan kebahagiaanya. Seberapa sering kau menangis karena engkau begitu cintanya terhadap Allah SWT. Jika cintamu pada orang yang kau cintai, kau rela terlukaasal ia bahagia. Bagaimanakah pengorbananmu, apa yang kau kobarkan sebagai bukti rasa cinta kita kepada llah SWT.Itulah pertanyaan besar yang kita tak bisa pungkiri, hati kecil kita tahu...seberapa besar cinta kita pada Tuhan.
Hal yang perlu kita ketahui...ketika Allah mencintai hambanya maka Allah akan menguji keimannannya. Begitu jua dengan orang yang kau cintai wajar jika ia menguji kecemburuanmu untuk mengetahui seberapa besar rasa cintamu. Bayangkan saja....bukankah untuk terlahir didunia, sebelumnya pun berjuta-juta sperma sudah dites siapakah yang berhasil menembus ovum. Untuk bisa diterima diperguruan tinggi, harus dites dulu...entah melalui jalur undangan ataupun jalur tulis. Tak hanya itu, contoh lain adalah ketika kau mendaftar menjadi CPNS, bukankah ada ujian supaya ketrima tau tidak. Begitulah cara agar kita bisa diterima atau tidak, terpenting bagaimana kita selalu mensyukuri setiap keadaan yang Tuhan berikan.
   Penulispun bukanlah orang yang sempurna, tentu punya salah dan dosa yang tak jauh sama dengan pembaca. Disini bukanlah suatu cara untuk menggutui ataupun apa, melainkan mari belajar bersama...bersama-sama menata hati, mari saling mengingatkan, ketika aku lupa maka ingatkanlah, demikian juga ketika kamu lupa in syaallah aku ingatkan.
Katakanlah pada orang yang menyakiti atau mendzalimimu, ataupun orang yang mencintaimu bahkan orang yang kau cintai...:)
Duhai Dzat Yang Maha Baik
Terimakasih engkau telah pertemukan aku dengan orang yang mendzalimiku, karenanya aku berlatih sabar dan berlatih kuat.
Terimakasih kau tanamkan rasa cinta untukku pada hambamu, sehingga dari hal itu aku mengerti apa arti cinta dan bagaimana aku menempatkan Engkau sebagai kekasih abadiku tentang rasa cintaku terhadapMu ya Rabb.
Terimakasih engkau telah pertemukan dengan orang yang mengkhinatiku, dari situlah aku belatih untuk tegar dan berlatih untuk ikhlas menerima ujianMu.
Duhai Dzat Yang Maha Baik...
Hati ini teguh, ketika aku benar-benar mencintaimu
Maka...
Tiadalah yang buruk apapun yang kau beri, semua adalah yang terbaik untukku
Tiadalah itu terjadi melainkan atas kehendakmu, tiadalah itu terjadi melainkan terkandung hikmat yang teramat besar untukku....:)
Duhai Rabbi..
Dalam doa dan pintaku...
Bila hatku mulai letih, maka kuatkanlah punggungku
Bila imanku mulai tipis, maka siramilah ilmu tauhid di hatiku
Bila jiwaku sedang rapuh, maka kuatkanlah
Sesungguhnya engkau Dzat Yang Maha Kuat
Terimakasih kau ajarkan aku arti kehidupan, arti bersyukur dan arti sabar           


Tidak ada komentar :