HALIMAH BINTI MASDARI

Senin, 18 Juni 2018

KOPERASI, SELAMATKAN WARGA DARI JERATAN LINTAH DARAT DAN SETAN KREDIT


KOPERASI, SELAMATKAN WARGA DARI JERATAN
LINTAH DARAT DAN SETAN KREDIT



            Kehadiran koperasi di tengah-tengah masyarakat merupakan solusi yang tepat untuk menangani permasalahan ekonomi yang melilit masyarakat, terutama masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah. Banyak kasus di masyarakat, dimana ketika koperasi tak berfungsi dengan baik atau ketiadaan koperasi di suatu desa, memicu warga harus terjebak hutang pada rentenir (lintah darat) ataupun bank yang berujung pada penyitaan oleh dept collector (setan kredit) apabila tidak mampu melunasi hutangnya. Oleh karena itu, adanya koperasi sangat membantu warga masyarakat agar tehindar dari jeratan lintah darat maupun kekejaman setan kredit.
            Koperasi menawarkan solusi dengan landasan sosial mental gotong royong dan setia kawan sesama anggota koperasi. Pembentukan koperasi sendiri bertujuan sebagai organisasi demokrasi ekonomi, mandiri, dan berotonomi yang mendidik anggotanya untuk mandiri dan berdikari dengan membangun usaha yang didirikan para anggotanya. Selain membantu perekonomian anggota, keberadaan koperasi juga menciptakan iklim kebersamaan yang nampak pada sikap gotong royong antar anggota.
            Sebagai organisasi yang merupakan tulang punggung rakyat, koperasi memiliki beberapa program kegiatan yang bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya, diantaranya; pengembangan keahlian (skill) SDM (sumber daya manusia) anggota, penyuluhan, workshop, pembekalan, pembiayaan, sampai dengan penanganan-penanganan hukum bila terjadi sesuatu. Koperasi jua mendidik para anggota untuk saling bekerja sama sebagaimana nama koperasi itu sendiri (co yang berarti bersama, dan cooperation yang berarti bekerja), saling membantu, tidak egois dan tidak individualistis serta menanamkan sifat kebersamaan yang berlandaskan kekeluargaan. Adanya koperasi ini menolong warga dari bunga yang mencekik tatkala meminjam uang dari lintah darat maupun pada bank yang berujung pada penyitaan secara paksa ketika tak mampu melunasi.        
            Di koperasi ini sistemnya adalah dana kemajuan koperasi berasal dari iuran anggotanya, lalu digunakan untuk kepentingan bersama seperti membangun usaha bersama, menjadi wadah anggota untuk meminjam dana ketika tidak memiliki biaya dalam kebutuhan yang mendadak, dan lain sebagainya. Ragam koperasi banyak macamnya, tergantung visi, misi dan tujuan koperasi itu di ddirikan. Sebagai misalnya, koperasi petani berarti koperasi tersebut didirikan untuk membantu pertanian warga masyarakat seperti melayani usaha bibit pertanian, pupuk, meminjami dana masyarakat untuk bertani dan lain sebagainya. Selain itu, juga ada koperasi simpan pinjam, koperasi sekolah, koperasi desa dan lain lain sesuai visi dan misi serta tujuan koperasi tersebut dibentuk.
            Dengan adanya koperasi yang berlandaskan pada kekeluargaan sebagaimana tertera di atas, diharapkan mampu membantu mengatasi permasalahan perekonomi masyarakat. Sistem pinjaman dana tanpa bunga pada anggota dan iuran simpanan wajib anggota diharapkan dapat mencegah adanya praktek beroperasinya para lintah darat dan setan kredit yang mencekik masyarakat. Dengan demikian, tujuan koperasi untuk mencsejahterakan anggota dan mencapai kemakmuran rakyat dapat terlaksana. Jayalah koperasiku, sejatera rakyatku…J                   

             
             

Tidak ada komentar :